MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI BAHASA ARAB (Studi Kasus Siwa Kelas VIII MTs N Yogyakarta II)

UMI BAROROH , NIM. 06420082 (2012) MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI BAHASA ARAB (Studi Kasus Siwa Kelas VIII MTs N Yogyakarta II). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Umi Baroroh, Motivasi Belajar Bidang Studi Bahasa Arab (Studi Kasus Sisiwa Kelas VIII MTs N Yogyakarta II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa terhadap bidang studi bahasa Arab dan upaya yang dilkukan guru dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkannya Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan subyek penelitian siswa kelas VIII yang diajar oleh Ibu Istiqomah yang berjumlah 30. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Adapun data yang diperoleh bersumber dari Kepala Madrasah, Guru Bahasa Arab, sebagian siswa VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran bahasa Arab mengajarkan lima kemahiran yaitu: membaca, menulis, menyimak, berbicara dan tata bahasa, 2) Motivasi siswa belajar Bahasa Arab masih rendah karena: latar belakang siswa yang beraneka ragam, minat siswa yang besar tanpa diimbangi dengan sikap dan usaha yang mendukung, fasilitas pengajaran yang masih sederhana, dan tehnik guru dalam variasi penyajian materi kurang diminati siswa. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk menumbuhkan motivasi siswa adalah: 1) Pemberian tugas/PR sebagai salah satu bentuk variasi metode penyajian materi, 2) Menggunakan keragaman media yang ada seperti: papan tulis, kapur, buku paket, buku latihan, dan kamus, 3) Guru memberi kesempatan pada siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas sebagai wujud berpartisipasi aktif, 4) Guru memberikan dorongan lisan berupa penyampaian tujuan pentingnya materi yang diajarkan sebelum proses belajar berlangsung, 5) Guru menjaga suasana kelas yang kondusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Nazri Syakur, M.A
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:32
Last Modified: 17 Apr 2017 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum