PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS IX Mts AL MA'HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA

UMI LUTFIANI, NIM. 06420023 (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS IX Mts AL MA'HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)

Abstract

Umi Lutfiyani, Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran, bagaimana motivasi belajar bahasa Arab siswa dan adakah pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 73 – 78 dengan skor 33,84%. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, positif (Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang) dan negatif (Rendah, Sangat Rendah). Dengan demikian kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta termasuk dalam kategori positif. (2) Belajar bahasa Arab siswa kelas IX MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta, berada pada kategori Sedang juga, yaitu pada kelas interval 74-80 dengan skor 44,61% . Pengkategorian ini juga dibagi menjadi dua lagi, kuat (Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang) dan Lemah (Rendah dan Sangat Rendah). Dengan demikian sebagian besar siswa kelas IX MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta memilki motivasi belajar yang kuat. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kreatifitas Guru (X) dalam pembelajaran terhadap Motivasi Belajar (Y) bahasa Arab siswa MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi Product Moment melalui program SPSS 16.00 for windows, yaitu diperoleh r hitung sebesar 0,366 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan N= 65, maka diperoleh koefisien korealsi r tabel 0,244 dan 0,317. Dengan ketentuan jika r hitung > r tabel atau 0,366 > 0,244 (5%) dan 0,366 > 0,317(1%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: motivasi, belajar, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:32
Last Modified: 17 Apr 2017 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10373

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum