“PENERAPAN STRATEGI “INFORMATION SEARCH” DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV A MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012”

UMMI JADIDAH , NIM : 08480041 (2012) “PENERAPAN STRATEGI “INFORMATION SEARCH” DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV A MIN JEJERAN WONOKROMO PLERET BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011/2012”. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

UMMI JADIDAH, Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PS dengan metode Information Search (Mencari Informasi) di kelas IV MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini bahwa masih belum tuntas belajar IPS siswa kelas IV A MIN Jejeran terbukti dengan hanya 6 siswa atau 26,09% yang telah mencapai nilai KKM, belum terlihatnya siswa yang memahami materi dan antusias yang besar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa ketika mengikuti pelajaran IPS. Maka dari itu perlu diadakannya peneltian untuk memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat meningkatkan prestasi siswa. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Information Search pada pembelajaran IPS dan meningkatan prestasi belajar siswa kelas IV A setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, dokumentasi, catatan lapangan, lembar kerja siswa dan evaluasi, dan wawancara. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Trianggulasi sumber adalah mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama, dapun eknik trianggulasi ini menggunakan trianggulasi sumber dan metode yaitu rianggulasi sumber dengan membandingkan data dan mengecek balik derajat kepercayaan yang diperoleh melalui waktu dan nilai berbeda dalam metode kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara terhadap guru IPS dan siswa kelas IV A MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Jenis penelitaian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang laksanakan dalam II siklus dan empat kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: Adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, yaitu hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa di atas KKM adalah 70, yang mencapai 86.95% dari jumlah siswa di kelas IV A MIN Jejeran. Peningkatan prestasi belajar siswa terlihat pada nilai rata-rata kelas yaitu pada pre tes sebesar 60,00% dengan kategori cukup, pada siklus I sebesar 67,82% dengan kategori cukup, dan pada siklus I sebesar 74,78% dengan kategori baik, dan pada test sumatif 77,17% dengan katagori baik. selain itu dapat dilihat pula persentase siswa yang tuntas KKM pada pre tes siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (26,08%),pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (47,82%), pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa 82,60%), dan pada tes sumatif siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (86,95%). Kata Kunci: Pembelajaran IPS SD/MI, Information Search, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Asnafiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS SD/MI, Information Search, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:39
Last Modified: 23 Jan 2017 06:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item