PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IVA MIN TEMPEL YOGYAKARTA

YUANITA RESTI , NIM : 08480066 (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA) DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IVA MIN TEMPEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

xi YUANITA RESTI. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two (Kekuatan Berdua) dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IVA MIN Tempel Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV A MIN Tempel Yogyakarta yang disebabkan guru lebih sering menggunakan metode ceramah dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa kurang terlibat kreatif dan prestasi rendah dalam pembelajaran. Pembelajaran akan berjalan dengan menyenangkan ataupun berjalan dengan membosankan tergantung dari guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Minimnya pengetahuan guru tentang strategi pembelajaran akan berdampak pada proses pembelajaran yang membosankan dan kurang menarik bagi siswa. Selama ini guru lebih sering menggunakan strategi pembelajaran konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dalam belajar, sehingga kreativitasnya kurang dan dampaknya prestasi belajar rendah. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two (kekuatan berdua) dengan media gambar. Strategi pembelajaran aktif tipe the power of two (kekuatan berdua) dengan media gambar ini diterapkan untuk lebih menjadikan siswa kreatif dan meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two (kekuatan berdua) dengan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa kelas IVA MIN Tempel Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang mengambil lokasi di MIN Tempel Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitiannya adalah kelas IVA MIN Tempel yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 17 siswa putra dan 16 siswa putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Tahap analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Adapun kegiatan penelitian meliputi plan (perencanaan), art (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang di awali dengan kegiatan pra tindakan, setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two dengan media gambar di kelas IV A kreativitas dan prestasi belajar siswa megalami peningkatan. (2) Hasil perhitungan lembar observasi kreativitas siswa, pada pra tindakan mencapai 51,15%, pada siklus I mencapai 52,17%, dan pada siklus II mencapai 70,15% hal ini berarti terjadi peningkatan kreativitas sebesar 17,96%. Dan dari rata-rata skor nilai siswa, terlihat peningkatan presatasi belajar siswa, pada pra tindakan mencapai 70,60, pada siklus I mencapai 81,71 dan pada siklus II mencapai 86,62 atau meningkat sebesar 16,02 yang berarti sudah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) madrasah yaitu sebesar 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kreativitas Prestasi, Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:40
Last Modified: 23 Jan 2017 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item