EKSPERIMENTASI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MTs N SUMBERAGUNG JETIS BANTUL

MUHAMAD FATHONI, NIM. 08420099 (2012) EKSPERIMENTASI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MTs N SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Muhamad Fathoni, Eksperimentasi Pendekatan Accelerated Learning Dalam Pembelajaran Qira’ah di MTsN Sumberagung Jetis Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Eksperimentasi berarti melakukan sebuah percobaan. Dalam hal ini peneliti melakukanpercobaan sebuah pendekatan pembelajaran yang masih tergolong baru dalam dunia pendidikan di Indonesia, yaitu mengujicobakan pendekatan Accelerated Learning dalam Pembelajaran Qira’ah di MTsN Sumberagung Jetis Bantul. Accelerated Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang lebih memperhatikan keadaan psikologi siswa dalam belajar. Konsep pembelajaran yang didasarkan pada temuan seorang psikiater Bulgaria, Dr. George Lozanov. Menurut Lozanov, otak manusia (yang digunakan sebagai alat utama belajar) baru akan efektif digunakan apabila berada dalam keadaan “fun” (tidak dalam tekanan, lepas, dan nyaman). Accelerated Learning mempunyai beberapa unsur, yaitu SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelectual). Dengan kata lain belajar dengan melibatkan seluruh diri (whole brain). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang mana penelitian ini dilaksanakan di MTsN Sumberagung Jetis Bantul. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan survey, dan menggunakan analisis kuantitaif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Sedangkan metode penelitiannya mengunakan metode eksperimen, yang prosedurnya antara lain Pre-experiment Measurement, Treatment, Post-experiment Measurement. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Secara Acak dengan Tes Awal dan Tes Akhir dengan Kelas Kontrol (The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design). Setelah diadakan uji coba (eksperimen) pendekatan Accelerated Learning dalam pembelajaran Qira’ah, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Qira’ah dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning lebih disukai oleh siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar Qira’ah siswa MTsN Sumberagung Jetis Bantul, walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning, dengan pembelajaran bahasa Arab tanpa pendekatan Accelerated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Accelerated Learning, Qira’ah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 14:47
Last Modified: 12 Apr 2017 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum