HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DARUL HUDA BANTUREJO SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

ZULFANIA RIZKA IMRANI , NIM. 08480002-K (2012) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DARUL HUDA BANTUREJO SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (480kB)

Abstract

Zulfania Rizka Imrani. Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Darul Huda Banturejo Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Kepala Madrasah merupakan yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan sekolah. Ia mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya. Dalam menjalankan kepemimpinannya Kepala Madrasah tidak dapat bekerja sendiri, Kepala Madrasah harus bekerja sama dengan para guru yang dipimpinnya, dengan orang tua murid atau dengan pihak pemerintah setempat. Disamping gaya kepemimpinan Kepala Madrasah, kinerja guru juga merupakan salah satu faktor yang penting dan berperan besar dalam suatu madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai gaya kepemimpinan Kepala Madrasah pada kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan sumber data yang dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitain menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kuantitatif yang dilakukan, kecenderungan gaya kepemimpinan Kepala Madrasah yaitu gaya mengutamakan kerja sama ini didasarkan pada hasil jawaban responden (%).Kinerja guru sudah berjalan dengan baik dan cukup mampu dalam mengatasi beberapa pemasalahan yang ada dalam madrasah. Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah ( Variabel X 1 – Y (3,008 > 2,306), Variabel X – Y (2,856 > 2,306), Variabel X – Y (2,765 > 2,306) dan Variabel X – Y (3,159 > 2,306) (t tabel 3 ) dengan tingkat signifikasi ≤ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil pengujian ini juga menghasilkan nilai R sebesar ( (Variabel X 1 – Y nilai R sebesar 0,729), (Variabel X – Y nilai R sebesar 0,711), (Variabel X 3 2 – Y nilai R sebesar 0,699) dan (Variabel X – Y nilai R sebesar 0,745) ). Ini berarti ada hubungan yang kuat dan signifikan antara gaya kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru. Sedangkan nilai koefisien determinasi adalah sebesar ( (Variabel X 1 – Y nilai R 2 sebesar 0,531), (Variabel X 2 – Y nilai R 2 sebesar 0,505), (Variabel X 3 – Y nilai R 2 sebesar 0,489) dan (Variabel X total – Y nilai R 2 sebesar 0,555) ) yang berarti sumbangan efektif gaya kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru adalah sebesar ( (Variabel X 1 – Y sebesar 53,1%), (Variabel X 2 – Y sebesar 50,5%), (Variabel X – Y sebesar 48,9%) dan (Variabel X – Y sebesar 55,5%) ). Sumbangan yang hanya sebesar tersebut ini menandakan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Madrasah bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi kinerja, tetapi masih banyak faktor intern dan ekstern lain yang bisa mempengaruhinya. 3 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:45
Last Modified: 23 Jan 2017 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item