PENDIDIKAN KRITIS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (studi pada program peace Building oleh Lintas-Interfaith Yogyakarta di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta)

IRMA MUTHOHAROH - NIM. 03470610, (2008) PENDIDIKAN KRITIS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (studi pada program peace Building oleh Lintas-Interfaith Yogyakarta di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KRITIS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)
BAB 1, BAB VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KRITIS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT)
BAB II, BAB III, BAB IV, BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK b Sejatinya, /b pendidikan merupakan proses untuk mengembalikan manusia pada konsep fitrahnya yaitu untuk memanusiakan manusia (humanisasi). Sedangkan pendidikan kritis adalah menyadarkan manusia tertindas agar mampu mebaca secara cerdas atas fenomena di sekitarnya dirinya. Dengan kemampuan membaca realitas bertujuan menemukan relasi-relasi permasalahnnya. Tujuan pendidikan kritis adalah agar peserta memiliki kesadaran kritis yang merupakan kesadaran yang bersifat analitis sekaligus praksis yaitu ketika seseorang mampu memahami persoalan sosial, mulai dari pemetaan masalah, identifikasi serta mampu menentukan unsur-unsur yang mempengaruhinya. Disamping itu ia tahu menawarkan solusi-solusi alternatif dari suatu problem sosial. Sedangkan pemberdayaan masyarakat adalah proses belajar bagi masyarakat dalam usaha meningkatkan taraf hidupnya yang dilakukan dengan bertahap dan terus menerus sehingga mencapai kemandirian. Kemandirian masyarakat yaitu kemampuan untuk memikirkan dan memecahakn permasalahan-permasalahan yang dihadapinya. Melalui pendidikan kritis inilah bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang memiliki kesadaran ktitis sehingga menuju pada masyarakat yang cerdas dan mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research), yang mengambil lokasi di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunugkidul Yogyakarta, dengan menggunakan metode teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara (Interview), dokumentasi, trianggulasi dan analisis data. Observasi yaitu melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap situasi dan kondisi aktual seperti observasi terhadap pelaksanaan pendidikan kritis. Wawancara (interview) merupakan metode pengumpulan data dengan tanya jawab interaktif yang di tujukan kepada koordinator program Peace Building, Kepala Desa Semoyo, dan masyarakat yang mengikuti proses Pendidikan kritis. selanjutnya metode dokumentasi yaitu mempelajari data-data yang berupa buku panduan, TOR, catatan proses kegiatan dan laporan-laporan. Penelitian ini lebih jauh ingin mengetahui implementasi, implikasi bagi masyarakat dan kelemahan Program Peace Building yang merupakan bentuk pendidikan kritis. Hasil penelitian ini adalah pendidikan kritis yang dilakukan di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul telah memberikan implikasi terhadap peserta yaitu tumbuhnya kesadaran kritis, tumbuhnya kesadaran politik, tumbuhnya kesadaran untuk belajar, mendorong terselenggaranya pemerintahan desa yang baik dan mampu menjalin kerjasama dengan Instansi lain yaitu Bapeda Kabupaten Gunungkidul, Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul, Yayasan Caritas Yogyakarta, USC Satunama Yogyakarta, Fakultas Peternakan UGM Yogyakarata. Sedangkan implikasi terhadap Perangkat Desa adalah komitmen untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan demokratis. Sedangkan kelemahan pendidikan ini adalah kurangnya proses transformasi kepada keseluruhan masyarakat di Desa Semoyo, sehingga masyarakat yang tidak dilibatkan hanya menjadi objek bukan subjek atas pembaharuan di desanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muh. Agus Nuryatno, M.Ag.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kritis, pemberdayaan masyarakat
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 May 2012 03:35
Last Modified: 15 Mar 2017 01:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item