PENERAPAN TEKNIK MENCATAT MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V MI SULTAN AGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

NANIK WIDIYATI, NIM. 08480079 (2012) PENERAPAN TEKNIK MENCATAT MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V MI SULTAN AGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (419kB)

Abstract

NANIK WIDIYATI. Penerapan Teknik Mencatat Mind Map Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas V MI Sultan Agung Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga, 2012. Motivasi belajar yang rendah pada pembelajaran PKn di MI Sultan Agung merupakan permasalahan utama dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas V A MI Sultan Agung, Babadan Baru, Sleman. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi pembelajaran siswa kelas V A pada mata pelajar PKn. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan teknik mencatat mind map. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti hendak menjawab rumusan masalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran yang terjadi pada saat diterapkannya teknik mencatat mind map di kelas V MI Sultan Agung?, (2) Apakah teknik mencatat mind map dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V A MI Sultan Agung pada mata pelajaran PKn? Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan konstruktif terhadap pembelajaran PKn di MI Sultan Agung, Babadan Baru, Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran PKn. Dengan subjek penelitian siswa kelas V A MI Sultan Agung, Babadan Baru, Sleman sejumlah 24 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan skala motivasi sebagai penguat. Analisis data dilakukan atas data yang terkumpul, dimulai dari pemilihan, pereduksian, kemudian memberi tafsiran. Data skala motivasi dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memberi penguat atas hasil pengamatan yang dilakukan secara subjektif baik oleh peneliti maupun guru mata pelajaran PKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik mencatat mind map dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase motivasi belajar siswa sejak dilakukan tes dengan menggunakan skala motivasi siswa dari pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada saat pra tindakan, tingkat motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sangat kurang dengan persentase motivasi belajar siswa 21,74%. Pada saat siklus I, tingkat motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori cukup dengan persentase motivasi belajar siswa 60,87%. Sedangkan pada siklus II, motivasi belajar siswa sudah mencapai kategori baik, dengan persentase 86,96%. Peningkatan motivasi belajar siswa dari pra tindakan sampai dengan siklus I mencapai 40,13%, sedangkan peningkatan motivasi dari siklus I dan siklus II mencapai 26,09%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PKn, Motivasi Belajar, Teknik Mencatat Mind Map, dan MI Sultan Agung
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 07:47
Last Modified: 20 Jan 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10411

Actions (login required)

View Item View Item