PENGARUH PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN ASET PADA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA

ABD. GHOFAR , NIM,. 06390091 (2012) PENGARUH PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN ASET PADA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN ASET PADA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA)
ABD. GHOFAR – NIM. 06390091 PENGARUH PREMI, KLAIM, INVESTASI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PREMI, KLAIM, INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN ASET PADA PERUSAHAAN ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, lembaga keuangan harus mempunyai modal yang cukup, menjaga kualitas asetnya dengan baik, dikelola dengan baik dan dioperasikan berdasarkan prinsip kehati-hatian, menghasilkan keuntungan yang cukup untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Dewasa ini, perusahaan asuransi syariah tumbuh berkembang seiring dengan menggeliatnya lembaga-lembaga keuangan berbasis syariah. Di antara faktor internal yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan aset perusahaan asuransi adalah premi, klaim, investasi dan tingkat profitabilitas perusahaan. Penerimaan premi yang tinggi akan memberi kontribusi modal berupa dana dari pihak ketiga yang dapat diinvestasikan untuk menambah keuntungan/profit agar kinerja perusahaan asuransi syariah menjadi optimal, sehingga aset perusahaan menjadi tumbuh pada tiap tahunnya. Sedangkan klaim diindikasikan dapat menghambat pertumbuhan aset perusahaan karena semakin banyak klaim yang terjadi maka akan semakin banyak pula beban yang akan di tanggung perusahaan, sehingga akan memperlambat tingkat pertumbuhan aset perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh premi, klaim, investasi dan profitabilitas terhadap pertumbuhan aset pada perusahaan asuransi syariah di Indonesia. Variabel yang diteliti meliputi premi, klaim, investasi dan profitabilitas sebagai variabel bebas dan pertumbuhan aset sebagai variabel terikat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi syariah di Indonesia tahun 20062009, sedangkan sampelnya adalah 26 perusahaan asuransi syariah di Indonesia tahun 2006-2009. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, baik secara simultan maupun parsial premi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan aset. Klaim, investasi dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan aset. Kata kunci: premi, klaim, investasi, profitabilitas dan pertumbuhan aset.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Syafiq M. Hanafi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: premi, klaim, investasi, profitabilitas dan pertumbuhan aset.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:45
Last Modified: 09 Sep 2016 04:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10418

Actions (login required)

View Item View Item