UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GONDOWULUNG TAHUN AJARAN 2011-2012 (Studi Kasus di Kelas VII)

NOVI KUSMIATI SA’DIYAH , NIM. 08420001 (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI GONDOWULUNG TAHUN AJARAN 2011-2012 (Studi Kasus di Kelas VII). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Novi Kusmiati Sa’diyah, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Negeri Gondowulung (studi kasus di kelas VII). Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Uin Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya motivasi belajar bahasa arab siswa MTs Negeri Gondowulung kelas VII dalam belajar bahasa arab. Idealnya, dalam belajar bahasa arab semestinya siswa mempunyai motivasi yang tinggi baik itu motivasi intrinsic maupun ekstrinsik sehingga proses balajar mengajar bahasa arab dapat berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang upaya upaya apa saja yang dilakukan oleh guru bahasa arab untuk meningkatkan motivasi sisw baik itu di dalam kelas maupun diluar kelas di MTs Negeri Gondowulung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Sedangkan jenis penelitian yang diapakai adalah lapangan. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, siswa MTs Negeri Gondowulung kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa ada upaya-upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa baik itu di dalam kelas maupun diluar kelas. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi didalam kelas yaitu dengan memberikan pujian kepada siswa, memberika hukuman, memberikan nilai, menyederhanakan materi yang susah, menggunakan media. Sedangkan diluar kelas yaitu menciptakan lingkungan bahasa dan mengadakan kelas tambahan bahasa arab serta pengajian iqro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Upaya Guru
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 15:46
Last Modified: 12 Apr 2017 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum