Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Sebelum dan Sesudah Penerapan Good Corporate Governance (GCG) (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri)

AIMMATUL KARIMAH , NIM : 08390052 (2012) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Sebelum dan Sesudah Penerapan Good Corporate Governance (GCG) (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)

Abstract

Good Corporate Governance merupakan suatu sistem yang mengatur, mengelola dan mengawasi proses pengendalian usaha menaikkan kinerja organisasi secara proporsional, sekaligus sebagai bentuk perhatian kepada stakeholders, karyawan, kreditor, dan masyarakat sekitar. Penerpan Good Corporate Governance dapat meningkatkan kinerja perusahaan melalui terciptanya proses pengambilan keputusan yang lebih baik, mempermudah diperolehnya dana pembiayaan yang lebih murah yang pada akhirnya meningkatkan corporate value serta meningkatkan shareholders. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri sebelum dan sesudah penerapan good corporate governance. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian terapan (applied research) dengan pendekatan komparatif. Alat analisis yang digunakan adalah Paired Sample T-tes. Hasil pengujian menunjukkan tidak terdapat perbedaan kinerja sebelum dan sesudah penerapan good corporate governance dilihat dari rasio profitabilitas. Namun, dari rasio likuiditas dan solvabilitas terdapat perbedaan kinerja yang signifikan. Tidak adanya perbedaan rasio profitabilitas karena penerapan GCG lebih bersifat jangka panjang, sedangkan rasio profitabilitas berorentasi pada jangka pendek. Sedangkan, terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio likuiditas dan solvabilitas karena penerapan GCG bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat, sehingga mudah bagi perusahaan memperoleh dana eksternal. Kata Kunci: GCG, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE. M.Si
Uncontrolled Keywords: GCG, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 15:46
Last Modified: 16 Sep 2016 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum