PROGRAM KURIKULUM SISWA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA

ISLAHIRMA SITI NURHAYATI - NIM. 03470622, (2008) PROGRAM KURIKULUM SISWA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROGRAM KURIKULUM SISWA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA)
BAB 1, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM KURIKULUM SISWA DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Kurikulum memiliki kedudukan yang sangat sentral dalam seluruh kegiatan pembelajaran, yang menentukan proses dan hasil belajar. Mengingat pentingnya peranan kurikulum dalam pembelajaran, serta dalam pembentukkan kompetensi dan pribadi peserta didik dan dalam perkembangan kehidupan masyarakat pada umumnya, maka SMA Muhammadiyah Bantul mengembankan kurikulum siswa yang didalamnya berisi program-program sebagai berikut: (1) Broadcasting,(2) Conversation, (3) Menjahit, (4) sepak bola, (5) Voly, (6) Musik, (7) Otomotif, dan (8) Tapak suci. Adapun program-program tersebut bertujuan untuk membantu siswa agar memiliki life skill sebagai bekal setelah lulus dari SMA Muhammadiyah Bantul agar siap terjun ke masyarakat. Melihat kenyataan sekarang ini banyak lulusan dari SMA yang menjadi pengangguran, diharapakan dengan adanya program tersebut dan dengan bekal yang telah dimiliki siswa akan lebih siap terjun kedalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan program kurikulum siswa dan hasil yang dicapai dalam program tersebut.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai masukan bagi SMA Muhammadiyah Bantul dalam meningkatkan mutu program kurikulumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah urusan kurikulum dan guru-guru yang membimbing program kurikulum siswa. dan sebagai pendukung seluruh siswa kelas X dan kelas XI yang mengikuti program kurikulum siswa yaitu berjumlah 401 siswa. Penulis menggunakan random sampling. Dalam penelitian ini penulis megambil sampel 10,025 % dari keseluruhan siswa yang ikut kurikulum siswa yaitu sebanyak 40 siswa dari 401 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kurikulum siswa yang diadakan di SMA Muhammadiyah bantul ini berdampak positif bagi siswanya, karena dengan siswa mengikuti program kurikulum siswa tersebut siswa akan mempunyai bekal keterampilan yang tidak kalah dengan siswa SMK sehingga siswa siap terjun ke masyarakat dengan bekal keterampilan yang mereka miliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Muh Agus Nuryatno, MA,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Life skill
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 May 2012 03:49
Last Modified: 15 Mar 2017 01:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item