PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES BAGI SISWA USIA PENDIDIKAN DASAR

NUR FARIDAH, NIM. 08480018 (2012) PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES BAGI SISWA USIA PENDIDIKAN DASAR. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (872kB)

Abstract

NUR FARIDAH Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Howard Gardner dan Pengembangannya Pada Metode Pembelajaran Untuk Siswa Usia Pendidikan Dasar. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep multiple intelligences menurut Howard Gardner (2) untuk pengembangan multiple intelligences tersebut pada pembelajaran berbasis multiple intelligences bagi siswa usia pendidikan dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah keilmuan dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya pengembangan multiple intelligences anak usia dini, khususnya melalui metode pembelajaran pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan mengambil latar pemikiran Howard Gardner tentang multiple intelligences. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Pendekatan metode penelitian adalah pendekatan psikologi, khususnya psikologi perkembangan anak dan teori belajar humanistik. Analisis data dilakukan dengan mencari dan memberi makna terhadap data-data yang berhasil dikumpulkan, dari makna tersebut kemudian ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) setiap individu pada dasarnya memiliki banyak kecerdasan yang harus dikembangkan sejak usia pendidikan dasar (minimal sejak usia pendidikan dasar). Minimal ada sembilan kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu kecerdasan linguistik, matematis-logis, ruang spasial, kinestetik badani, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis dan eksistensial. (2) Pengembangan multiple intelligences pada metode pembelajaran pendidikan untuk siswa usia pendidikan dasar membutuhkan kreativitas seorang guru (pendidik), baik dalam mengatur, merencanakan, maupun menerapkan metode-metode tersebut. Sedangkan ditinjau dari segi karakteristik perkembangan anak, maka penerapan dan pengembangan pembelajaran berbasis multiple intelligences akan berbeda. Dalam mengembangkan multiple intelligences (kecerdasan majemuk) diperlukan kreativitas guru dalam penentuan/ penggunaan metode pembelajaran yang berbasis multiple intelligences bagi siswa usia pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Howard Gardner, Pendidikan Dasar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2014 08:46
Last Modified: 20 Jan 2017 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item