UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH KELAS IV MIN TEMPEL

NUR LAILIYAH, NIM. 08480014 (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH KELAS IV MIN TEMPEL. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

NUR LAILIYAH, Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Penerapan Metode Make A Match Kelas IV MIN Tempel. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar Belakang penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS masih rendah, dan perlu ditingkatkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dengan penerapan metode make a match pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIN Tempel. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Make a Match pada pembelajaran IPS Kelas IV MIN Tempel. (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN Tempel setelah menggunakan metode Make a Match. (3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MIN Tempel setelah menggunakan metode Make a Match. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diadakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subyek penelitian siswa kelas IV B MIN Tempel Sleman Yogyakarta semester II tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 31 siswa, 21 siswa putra dan 9 siswa putri. Sedangkan obyek dari peneliyian ini adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran IPS kelas IV B MIN Tempel. Tempat dan lokasi penelitian di kelas IV B MIN Tempel Sleman Yogyakarta pada tanggal 06 Februari 2012 sampai dengan tanggal 30 April 2012. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, wawancara, lebar angket, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukakan: 1)Pembelajaran dengan menggunakan metode make a match dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV B MIN Tempel berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah penelitian. Proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode make a match dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV B MIN tempel. 2) Motivasi siswa terjadi peningkatan pada 5 indikator yaitu: rasa senang siswa dari 83% meningkat menjadi 88,70%, perhatian siswa dari 86% meningkat menjadi 89,24%, rasa tertarik siswa dari 84% meningkat menjadi 86%, rasa ingin tahu siswa dari 79% meningkat menjadi 86,70%, dan antusiasme siswa dari 80% meningkat menjadi 89,80%. Sedangkan hasil rata-rata persentase keberhasilan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 82,40% dengan kategori baik dan pada siklus II sebesar 88,09% dengan kategori baik. 3) Prestasi belajar siswa kelas IV B MIN Tempel dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 72,74, siklus II sebesar 84,67 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS MI, Make a Match, Motivasi, Prestasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:13
Last Modified: 20 Jan 2017 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item