FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH

ALI MUSTAQIM , NIM. 08390095 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (606kB)

Abstract

Struktur modal merupakan perimbangan antara penggunaan modal sendiri dengan penggunaan hutang, yang berarti berapa besar modal sendiri dan berapa besar hutang yang akan digunakan, sehingga dapat menghasilkan struktur modal yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara operating leverage, struktur aktiva, profitabilitas, risiko bisnis, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan pertambangan yang termasuk dalam daftar efek syariah periode tahun 2008-2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel dengan kriteria dan tujuan tertentu. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sekunder yang didapat dari ICMD dan dari website Bursa Efek Indonesia. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil analisis data atau hasil regresi menunjukkan bahwa hanya variabel likuiditas yang berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan variabel lainya yaitu operating leverage, struktur aktiva, profitabilitas, risiko bisnis dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Besarnya koefisien determinasi (adjusted R square) adalah sebesar 0,457. Hal ini berarti bahwa 45,7% variabel yaitu struktur modal dapat dijelaskan oleh enam variabel independen yaitu operating leverage, struktur aktiva, profitabilitas, risiko bisnis, ukuran perusahaan dan likuiditas, sedangkan sisanya sebesar 54,3% dijelaskan oleh variabel atau sebab-sebab lain diluar model. Kata kunci: Struktur Modal, Operating Leverage, Struktur Aktiva, Profitabilitas, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Sunaryati, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Operating Leverage, Struktur Aktiva, Profitabilitas, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan dan Likuiditas.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:13
Last Modified: 16 Sep 2016 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item