UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II MELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)

NUTHVIANI KUSUMAWARDHANI, NIM. 08480024 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II MELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (601kB)

Abstract

NUTHVIANI KUSUMAWARDHANI. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Yogyakarta II Melalui Strategi Role Playing (Bermain Peran)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah prestasi belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta II dalam mata pelajaran SKI masih kurang memuaskan. Banyak siswa yang masih memperoleh nilai di bawah KKM. Salah satu penyababnya yaitu model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional. Strategi pembelajaran role playing (bermain peran) menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memainkan peran untuk memahami dan mengetahui materi pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan strategi role playing (bermain peran) dalam meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas V MIN Yogyakarta II, dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan tersebut dalam memperbaiki proses pembelajaran sehingga prestasi belajar SKI dapat ditingkatkan melalui strategi role playing (bermain peran) pada siswa kelas V MIN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subjek penelitiannya siswa kelas V MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisa data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran SKI di kelas V MIN Yogyakarta II melalui strategi role playing (bermain peran) dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam pelaksanaan, perwakilan siswa bertindak sebagai pemeran dan siswa yang lain menjadi pengamat jalannya role playing (bermain peran). Siswa dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan selama proses pembelajaran menunjukkan para siswa dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah sesuai teori role playing sudah sepenuhnya tampak; 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar SKI siswa kelas V MIN Yogyakarta II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran). Data awal yang diperoleh sebelum dilaksanakan tindakan yaitu rata-rata kelas mencapai 54,67 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal 25% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 71,30 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 50% dengan kategori sangat kurang. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,49 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 82,14% dengan kategori baik. Dengan demikian, prestasi belajar SKI siswa kelas V MIN Yogyakarta II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran) meningkat sebesar 21,23.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar SKI, Strategi Role Playing (Bermain Peran)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:29
Last Modified: 20 Jan 2017 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item