ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS, SIZE, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2010

ANITASARI , NIM. 08390100 (2012) ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, FREE CASH FLOW, PROFITABILITAS, SIZE, DAN RISIKO BISNIS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2007-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel kepemilikan manajerial, kepemilikan institutional, free cash flow, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan risiko bisnis terhadap kebijakan hutang pada perusahaan yang masuk dalam Daftar Efek Syariah tahun 2007-2010. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian terapan (applied research) berdasarkan tujuannya. Penelitian ini juga bersifat kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 32. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang, yaitu kepemilikan manajerial (MOWN), dan kepemilikan institutional (INOWN). Jadi, semakin besar kepemilikan manajerial maupun institutional, perusahaan akan cenderung menggunakan hutang yang lebih kecil, karena pihak manajemen ikut menanggung setiap tindakan yang dilakukannya sehingga menggunakan hutang yang lebih kecil, sedangkan pihak institutional yang merupakan monitoring agent juga dapat memainkan peranan secara aktif dalam melindungi investasi yang telah ditanamkan, sehingga pengawasan terhadap tindakan manajer juga akan lebih optimal. Jadi, kepemilikan manajerial dan institutional akan mengurangi peran hutang sebagai salah satu mekanisme untuk mengurangi masalah keagenan. Sedangkan free cash flow, profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan (size), dan risiko bisnis tidak terbukti signifikansinya. Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institutional, Free cash flow, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis dan Kebijakan Hutang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen ArdiANSYAH, se, m.SI
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institutional, Free cash flow, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis dan Kebijakan Hutang.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:14
Last Modified: 16 Sep 2016 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum