PENGARUH VARIABEL-VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2006-2011)

ANTO , NIM 06390118 (2012) PENGARUH VARIABEL-VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2006-2011). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel-variabel makro ekonomi terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia. Variabelvariabel makro ekonomi diproksikan dengan inflasi, pendapatan nasional, tingkat suku bunga, market share dan jumlah uang yang beredar sebagai variabel independen. Profitabilitas bank syariah diproksikan dengan return on equity (ROE) sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan triwulanan publikasi Bank Indonesia serta laporan publikasi bank umum syariah yang menjadi objek penelitian melalui website sedangkan data sekunder fundamental ekonomi dari situs laporan Bank Indonesia dan laporan publikasi Badan Pusat Statistik. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 3 bank umum syariah yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kointegrasi dan error correction model (ECM) Hasil penelitian menunjukkan variabel inflasi, pendapatan nasional, market share, dan jumlah uang yang beredar, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas bank umum syariah. Sedangkan variabel tingkat suku bunga baik jangka pendek maupun dalam jangka panjang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia. Dalam jangka pendek kelima variabel independen mampu menjelaskan perubahan variabel dependen sebesar 55,18% sedangkan dalam jangka panjang sebesar 52,11%. Kata Kunci : Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Market Share, Jumlah Uang Yang Beredar, Kointegrasi, Error Correction Model (ECM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Ghafur Wibowo, SE, M. Sc
Uncontrolled Keywords: : Inflasi, Tingkat Suku Bunga, Market Share, Jumlah Uang Yang Beredar, Kointegrasi, Error Correction Model (ECM).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:14
Last Modified: 16 Sep 2016 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum