PENGARUH STRUKTUR MODAL, TIPE KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS DENGAN KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2008-2010)

ASTRI YULIANTI , NIM. 08390097 (2012) PENGARUH STRUKTUR MODAL, TIPE KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS DENGAN KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2008-2010). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan menjadi salah satu sarana komunikasi mengenai informasi keuangan dan hasil operasional perusahaan kepada pihak-pihak diluar perusahaan. sebagai dasar pengambilan keputusan, maka informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus dapat dipahami, relevan, andal, dapat dibandingkan dan konsistensi. Untuk itu diperlukan pengungkapan (disclosure) yang memadai dalam laporan keuangan. Pengungkapan dalam laporan keuangan dibagi menjadi pengungkapan wajib (Mandatory disclosure) dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure). Penelitian ini bertujuan mengalisa hubungan struktur modal, tipe kepemilikan, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2008 sampai dengan tahun 2010. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur modal yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio, tipe kepemilikan (saham publik), ukuran perusahaan, dan profitabilitas yang diprosikan dengan Return on Asset berpengaruh terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di JII. Tehnik analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa struktur modal, kepemilikan saham publik, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan pada perusahaan yang terdaftar di JII untuk tahun 2008- 2010, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi diatas 0,05 yaitu struktur modal sebesar 0,071, kepemilikan saham publik sebesar 0,614 dan ukuran perusahaan sebesar 0,133. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangaan pada perusahaan yang terdaftar di JII dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 dibawah 0,05. Sedangkan secara simultan struktur modal, kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F dengan nilai signifikansi 0,023 dibawah 0,05. Kata kunci: kelengkapan pengungkapan wajib, struktur modal, kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan, dan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Slamet Haryono, SE, M.Si Akt
Uncontrolled Keywords: kelengkapan pengungkapan wajib, struktur modal, kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan, dan profitabilitas.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:14
Last Modified: 16 Sep 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum