UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V MIN MLANGEN SALAMAN

RAHMAD ARIF SAFI’I, NIM. 08480029 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS V MIN MLANGEN SALAMAN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (792kB)

Abstract

Rahmad Arif Safi’i. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas V MIN Mlangen Salaman. Skripsi. Yogyakarta : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya prestasi belajar matematika pada siswa kelas V MIN Mlangen serta pembelajaran matematika yang masih berorientasi pada teacher dominated learning dan drill and practice. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar serta proses pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik pada kelas V MIN Mlangen Salaman. Jenis pnelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada pembelajaran matematika di kelas V MIN Mlangen Salaman. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat dua kali pertemuan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana sesuai dengan karakteristik pendekatan matematika realistik yaitu: (1) menggunakan masalah kontekstual; (2) menggunakan model; (3) menggunakan kontribusi siswa; (4) interaktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar siswa tersebut ditunjukkan dari hasil perbandingan rata-rata sebelum tindakan dengan rata-rata pasca tindakan siklus 1 dan siklus 2. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 65,30. Pada siklus 1 meningkat menjadi 73,87 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,44. Selain itu, ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 77,28% pada siklus 1 meningkat menjadi 86,96% di siklus 2. Berdasarkan perbandingan tersebut, diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar yang dicapai sebesar 11,86 poin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Pendekatan Matematika Realistik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:29
Last Modified: 23 Jan 2017 03:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10469

Actions (login required)

View Item View Item