STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN BRAILLE BAGI TUNANETRA MUSLIM DI TPA LB YAKETUNIS YOGYAKARTA

RAHMAN AGUS PRIANA, NIM. 08470128 (2012) STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN BRAILLE BAGI TUNANETRA MUSLIM DI TPA LB YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)

Abstract

Rahman Agus Priyana. Strategi Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Braille Bagi Tunanetra Muslim Di TPA LB Yaketunis. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Skripsi ini memaparkan tentang pelaksanaan kegiatan baca tulis Al-Qur’an bagi tunanetra di TPA LB Yaketunis, berbagai jenis strategi yang digunakan dan metode yang digunakan, tingkat efektivitas penggunaan berbagai strategi dan metode tersebut, dan factor-faktor pendukung, penghambat, serta solusi untuk mengatasinya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di TPA LB Yaketunis Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan menggunakan obsefvasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber utama penelitian ini adalah para ustadz dan ustadzah sebagai penentu pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di di TPA LB Yaketunis. . Proses penyajian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-naturalistik, yakni memaparkan berbagai kondisi obyektif yang ditemukan dilapangan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan strategi untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an Braille bagi tunanetra muslim di TPA LB Yaketunis. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa: pertama, kegiatan baca tulis Al-Qur’an di TPA LB Yaketunis dilaksanakan setiap malam Senin, malam Selasa, dan malam Rabu setelah shalat Magrib. Kedua, jenis strategi dan metode yang digunakan adalah strategi direct instruction (metode hafalan dan Tanya jawab), strategi interaktif (metode diskusi dan Tanya jawab), dan strategi mandiri (metode pemberian tugas). Ketiga, Dengan menggunakan strategi dan metode tersebut pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dapat berjalan dengan efektif, yaitu rata-rata santri dapat membaca Al-Qur’an dalam waktu dua bulan. Keempat, terdapat faktor pendukung yang memperlancar jalannya kegiatan baca tulis Al- Qur’an di lembaga ini, dan faktor penghambat, serta upaya-upaya yang dilakukan unuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an Braille, Tunanetra Muslim
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:29
Last Modified: 27 Mar 2017 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10470

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum