PENGGUNAAN MEDIA MERANGKAI CERITA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN SKI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN TEMPEL YOGYAKARTA

RAHMI YUSRINA HANI, NIM. 08480061 (2012) PENGGUNAAN MEDIA MERANGKAI CERITA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN SKI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MIN TEMPEL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

RAHMI YUSRINA HANI. Penggunaan Media Merangkai Cerita melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran SKI untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Tempel Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan media merangkai cerita melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SKI, (2) mengetahui besarnya peningkatan minat siswa setelah penggunaan media merangkai cerita melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SKI, (3) mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan media merangkai cerita melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SKI. Penelitian ini bersifat kualitatif, mengambil lokasi di MIN Tempel Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitiannya adalah kelas V C MIN Tempel yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 17 siswa putra dan 16 siswi putri. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket minat siswa. Tahap analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, display data, triangulasi, dan kesimpulan. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi plan (perencanaan), art (tindakan), observer (pengamatan), dan reflect (refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dua pertemuan yang diawali dengan kegiatan pra tindakan (2) setelah diterapkan penggunaan Media Merangkai Cerita melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) pada Pelajaran (SKI) kelas V C minat siswa mengalami peningkatan. Yaitu lembar angket minat siswa, pada pra tindakan 66,06%, pada siklus I sebesar 74,89%, pada siklus II sebesar 80,60% hal ini berarti terjadi peningkatan minat siswa sebesar 5,70% (3) dan rata-rata skor nilai siswa setelah diterapkan penggunaan Media Merangkai Cerita melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) pada pelajaran (SKI) kelas V C terlihat peningkatan hasil belajar siswa, pra tindakan mencapai 66,21%, pada siklus I sebesar 89,09%, siklus II sebesar 94,04% hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 5,31%. Dan nilai rata-rata kelompok siswa siklus I 92,05% dan siklus II sebesar 97,05% hal ini berarti terjadi peningkatan pada hasil kelompok siswa sebesar 5,00% yang berarti sudah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) madrasah yaitu sebesar 70

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Merangkai Cerita, Minat, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran SKI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:29
Last Modified: 23 Jan 2017 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10475

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum