UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

RIFKI NOVIA KURNIA, NIM. 08480003 (2012) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (27MB)

Abstract

Rifki Novia Kurnia. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VA Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penggunaan Strategi Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) di MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA MIN Tempel Sleman Yogyakarta pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa karena kurangnya penggunaan strategi pengajaran di kelas, strategi yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional dan kurangnya kerjasama antara satu siswa dengan siswa lainnya sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak kooperatif dalam proses pembelajarannya. Peneliti melihat permasalahan tersebut menjadi salah satu penghambat pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan siswa ketika berinteraksi dalam proses pembelajaran Untuk mengatasi permasalah tersebut diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dirasa masih kurang. Proses pembelajaran ini menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA MIN Tempel Sleman Yogyakarta pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA MIN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 37 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa (LKS, pre test dan post test, game dan turnamen). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil analisis prestasi belajar siswa kelas VA MIN Tempel Sleman Yogyakarta pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan yang signifikan. Pada saat pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau sebesar 36,11%. Nilai rata-rata siswa pada test pra tindakan baru menunjukkan 67,70 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 50. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas telah menunjukkan peningkatan, siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 22 siswa atau sebesar 59,46%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 73,11 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 60. Pada siklus II juga menunjukkan peningkatan yang signifikan, yaitu ada 34 siswa yang tuntas atau sebesar 91,89% dengan kategori baik sekali. Nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu menjadi 81,42 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 62,5. Dengan demikian, penerapan strategi Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran IPA di MIN Tempel Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Teams Games Tournament (TGT), Pembelajaran IPA Kelas VA
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:30
Last Modified: 23 Jan 2017 03:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item View Item