ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 MINEGERI JEJERAN BANTULYOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

RINI SUMINARSIH, NIM. 08480011 (2012) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 3 MINEGERI JEJERAN BANTULYOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (256kB)

Abstract

RINI SUMINARSIH.Analisis kualitas butir soal Ulangan Tengah Semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 3 MI Negeri Jejeran Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kegiatan evaluasi memilikiperanan penting dalam pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran karena dengan evaluasi dapat diketahui hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Melalui hasil tersebut dapat ditentukan tindak lanjut yang akan dilakukan. Baik tidaknya soal evaluasi sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam menyusun instrumennya. Permasalahan yang muncul di MI Negeri Jejeran, Bantul, Yogyakarta adalah guru bidang studi Bahasa Indonesia belum melakukan analisis kualitas soalmelalui sistem komputerisasi dan nilai prestasi siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia juga rendah dengan ditemukannya banyak siswa yang mendapat nilai dibawah standar penilaian yaitu 7.0 bahkan ada beberapa siswa yang mengikuti remidi karena nilainya masih jauh di bawah standar, sehingga muncul keinginan untuk meneliti soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa MI Negeri Jejeran, Bantul, Yogyakarta apabila ditinjau dari analisis: validitas, reliabilitas, daya pembeda, fungsi pengecoh, derajat kesukaran, dan pencapaian kompetensi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, dengan mengambil latar MI Negeri Jejeran, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan program Microcat Model Iteman versi 3.00 dan Anates versi 4.0.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwasoal Ulangan Tengah Semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 3 MI Negeri Jejeran Bantul Yogyakarta tahun pelajaran 2011/2012 memiliki25 soal pilihan ganda dan 16 soal essayyang valid, reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,88 berarti reliabilitasnya tinggi, sedangkan soal essay reliabilitasnya sebesar 0,81 berarti reliabilitasnya tinggi, derajat kesukaran item butir tes pilihan ganda dan essayterlalu mudah, daya pembeda item yang diterima sebanyak 27 butir, fungsi pengecohnya yaitu sebanyak 30dari 50 pengecoh berfungsi dengan baik, soal tersebut belum mampu mengukur semua kompetensi yang harus dicapai siswa pada semester genap,karena kisi-kisi pembuatan soal dikerjakan setelah soal diujikan. Kualitas soalnya tergolong kurang baik, karena yang memiliki kriteriavaliditas, reliabilitas, derajat kesukaran item, daya pembeda item, dan fungsi pengecoh yang baik hanya berjumlah 12atau 29,27 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, siswa kelas 3,
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:30
Last Modified: 23 Jan 2017 03:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item