PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN INCOME STATEMENT APPROACH DAN SHARI’ATE VALUE ADDED STATEMENT APPROACH

FAJAR SEPTIADI , NIM. 08390088 (2012) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN MENGGUNAKAN INCOME STATEMENT APPROACH DAN SHARI’ATE VALUE ADDED STATEMENT APPROACH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB)

Abstract

Analisis kinerja keuangan bank syariah selama ini masih lebih berdasarkan pada laporan laba rugi. Hal ini menyebabkan hasil analisis belum menunjukkan hasil yang tepat karena laporan laba rugi merupakan laporan yang lebih memperhatikan kepentingan direct stakeholders (pemilik modal), berupa pencapaian profit yang maksimal, dengan mengesampingkan kepentingan dari pihak lain (karyawan, masyarakat, sosial, dan pemerintah). Shari’ah Enterprise Theory dengan laporan nilai tambah syariah melihat kemampuan bank syariah dalam menghasilkan profitabilitas, dihitung dengan memperhatikan kontribusi pihak lain seperti karyawan, masyarakat, pemerintah, dan lingkungan. Profit yang diperoleh pada laporan nilai tambah syariah distribusinya tidak hanya sebatas pada direct stakeholders, melainkan juga kepada indirect stakeholders. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan Income Statement Approach dan Shari’ate Value Added Statement Approach. Obyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik komparatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan periode 2008-2011. Variabel yang digunakan adalah rasio keuangan yang terdiri dari ROA, ROE, rasio perbandingan antara total laba bersih dengan total aktiva produktif, NPM, dan BOPO. Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hipotesis penelitian ini adalah independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata rasio keuangan (ROA, ROE, perbandingan laba bersih dengan aktiva produktif, NPM, dan BOPO) terdapat perbedaan yang signifikan antara Income Statement Approach dan Shari’ate Value Added Statement Approach. Perbedaan rasio kinerja keuangan ini disebabkan adanya perbedaan konsep teoritis filosofis dari akuntansi yang digunakan, hal ini menyebabkan adanya perbedaan konstruksi penyajian dan pengungkapan laporan keuangan yang berkaitan dengan laba atau nilai tambah. Pendekatan Income Statement Approach memandang income sebagai laba, sedangkan pendekatan Shari’ate Value Added Statement Approach memandang income sebagai nilai tambah. Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Shari’ah Enterprise Theory, Income Statement Approach, Shari’ate Value Added Statement Approach.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Slamet Haryono, S.E., M.Si., Akt.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Shari’ah Enterprise Theory, Income Statement Approach, Shari’ate Value Added Statement Approach.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:31
Last Modified: 23 Sep 2016 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10508

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum