EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE (TGT) TEAM GAMES TOURNAMEN SEBAGAI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR QIRA’AH SISWA KELAS VIII(STUDI EKSPERIMEN DI MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011-2012

SITI MAHFUDHOH, NIM. 08420087 (2012) EFEKTIVITAS METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE (TGT) TEAM GAMES TOURNAMEN SEBAGAI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR QIRA’AH SISWA KELAS VIII(STUDI EKSPERIMEN DI MTS NEGERI PIYUNGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2011-2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SITI MAHFUDHOH. Efektivitas metode cooperative learning tipe team games tournamen (TGT) sebagai peningkatan prestasi belajar qira’ah siswa kelas VIII Studi Eksperimen di MTs Negeri Piyungan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MTsN Piyungan, 2). Efektivitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode TGT di MTs Negeri Piyungan, 3). Peningkatan prestasi belajar menggunakan metode TGT. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar Qira’ah siswa kelas VIII di MTs Negeri Piyungan Bantul. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Piyungan Bantul 2011-2012 sebanyak 151 siswa. Sampel penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu, kelas VIII A sebagai kelompok kontrol sejumlah 28 siswa, dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji kemampuan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas, menggunakan bantuan SPSS 16. sedangkan untuk uji tingkat kesukaran dan daya pembeda menggunakan bantuan Ms Excel. Analisis untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menujukan bahwa : 1). Pelaksanan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode TGT berjalan lancar dengan adanya variasi pembelajaran. Metode TGT ini terpusat kepada siswa, sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran bahasa Arab yang sedang berlangsung. Kegiatan pembelajaran ini, yang meliputi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran qira’ah dan kemampuan bekerjasama, kemampuan mengajukan pertanyaan dan kemampuan menjawab pertanyaan. Siswa sangat lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Hal ini karena siswa dapat bekerjasama pada setiap kelompoknya. 2). Hasil analisis uji-t disimpulkan bahwa nilai sig. menunjukan nilai dari sig = 0,63 < 0,05, jadi Ho diterima. Berarti kesamaan variasi terpenuhi dan pembelajaran menggunakan metode TGT lebih efektif. 3). Ya, metode cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan prestasi belajar qira’ah siswa kelas VIII. Karena menujukan nilai rata-rata post-test untuk kelompok eksperimen sebesar 84,77 sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 73,11.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournamen, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:33
Last Modified: 17 Apr 2017 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum