TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISTRIBUSI DANA ZAKAT DENGAN AKAD AL-QARD AL-HASAN DI PKPU (POS KEMANUSIAAN PEDULI UMMAT) CABANG YOGYAKARTA

FAQIH EL WAFA , NIM. 08380066 (2012) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISTRIBUSI DANA ZAKAT DENGAN AKAD AL-QARD AL-HASAN DI PKPU (POS KEMANUSIAAN PEDULI UMMAT) CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (913kB)

Abstract

Zakat dalam agama Islam memiliki posisi yang sangat penting, strategis dan menentukan dalam pembangunan kesejahteraan umat. Selama ini yang dipraktekkan dalam masyarakat, pendistribusian zakat lebih diorientasikan secara konsumtif kepada 8 as}naf. Sehingga begitu zakat didistribusikan, pihak yang menerima hanya dapat memanfaatkannya dalam waktu yang relatif singkat. Pada lembaga amil zakat PKPU (Pos Kemanusiaan Peduli Ummat) cabang Yogyakarta di dalam pendistribusian zakatnya tidak hanya disalurkan tujuan konsumtif saja tetapi juga didistribusikan dalam pola produktif. Salah satu pola distribusi zakat PKPU ialah menggunakan akad al-qard} al-h}asan dengan skema revolving fund dan bentuk zakatnya ialah barang/alat untuk menunjang produksi usaha mustahik. Pokok permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam karya tulis ini adalah bagaimana distribusi zakat dengan akad al-qard} al-h}asan di PKPU cabang Yogyakarta dalam tinjauan hukum Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Data primer penulis peroleh dari wawancara terhadap beberapa pegawai PKPU cabang Yogyakarta dan juga mustahik penerima distribusi zakat dengan akad al-qard} al-h}asan. Selain itu penelitian ini ditunjang oleh adanya data sekunder yang diperoleh dari beberapa literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang ada. Penelitian ini bersifat preskriptif, karena selain mendeskripsikan permasalahan yang ada dalam pendistribusian zakat, peniliti juga berkeinginan untuk menilai dan mengkaji kesusaian permasalahan yang terjadi dengan prinsip-prinsip syari’at. Sehingga pendekatan yang dipilih adalah pendekatan normatif. Distribusi zakat dengan akad al-qard} al-h}asan bagi usaha yang dilakukan oleh fakir-miskin ditinjau dari Hukum Islam, hal ini kurang tepat dengan menggunakan teori hukum Islam yaitu al-mas}lahah al-mursalah. Karena, dengan pola distribusi zakat yang dilakukan PKPU cabang Yogyakarta ini memang dapat dimanfaatkan oleh beberapa fakir-miskin tetapi dengan pola distribusi ini hak mustahik terhadap zakat dipertanyakan, karena dengan adanya kewajiban pengembalian pinjaman maka hak mustahik dalam zakat akan berkurang bahkan menjadi hilang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Fuad Zen, Ma
Uncontrolled Keywords: HUKUM ISLAM, DISTRIBUSI, ZAKAT, AKAD AL-QARD{ AL-H{ASAN
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:31
Last Modified: 08 Jun 2016 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item View Item