PEMANFAATAN KIT IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK POKOK BAHASAN SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V MI MA’ARIF TRIMULYO KECAMATAN WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

SITI ROHMAH, NIM. 09480012-M (2012) PEMANFAATAN KIT IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA RANAH KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK POKOK BAHASAN SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V MI MA’ARIF TRIMULYO KECAMATAN WADASLINTANG TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (165kB)

Abstract

Siti Rohmah, “Pemanfaatan KIT IPA Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Ranah Kognitif Dan Psikomotorik Pokok Bahasan Sifat Cahaya Siswa Kelas V MI Ma’arif Trimulyo Kecamatan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2011/ 2012”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Permasalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah prestasi belajar IPA pada pokok bahasan sifat cahaya pembelajaran IPA sebelum menggunakan KIT IPA Siswa Kelas V pada Pokok Bahasan Sifat Cahaya di MI Ma’arif Trimulyo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPA dengan Pemanfaatan KIT IPA pada Siswa Kelas V pokok bahasan sifat cahaya di MI Ma’arif Trimulyo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012, (3) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar IPA ranah kognitif dan psikomotorik dalam pembelajaran IPA dengan Pemanfaatan KIT IPA pada Siswa Kelas V Pokok Bahasan Sifat Cahaya di MI Ma’arif Trimulyo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Prestasi belajar didapat dari pemberian soal tes pada tiap akhir siklus, selain itu prestasi belajar juga diambil dari hasil pengamatan saat siswa melakukan percobaan, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan minat belajar siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar IPA siswa baik ranah kognitif maupun ranah psikomotorik di atas KKM 70 yang mencapai 80% dari jumlah siswa kelas V MI Ma’arif Trimulyo. Hasil Uji Pokok Bahasan tiap siklus mengalami peningkatan baik ranah kognitif maupun ranah psikomotorik, hasil uji ranah kognitif pada siklus I nilai ratarata 77,4 nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 50 dengan presentase ketuntasan 80 % Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata adalah 87 nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 70 dengan presentase ketuntasan 100. Sedangkan pada ranah psikomotorik, pada siklus I nilai rata-rata 76, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 dengan presentase ketuntasan 76%. Pada siklus II nilai rata-rata 81,6, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 dengan presentase ketuntasan 92%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar IPA ranah kognitif dan ranah psikomotorik walaupun pada ranah kognitif pada siklus II masih ada 2 siswa (8%) yang belum tuntas pada pokok bahasan sifat cahaya dengan pemanfaatan KIT IPA. Pemanfaatan KIT IPA menciptakan kesenangan dalam belajar, menjalin rasa simpati dan saling pengertian sehingga terjalin hubungan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA MI, KIT IPA, Minat, Prestasi, Kognitif, Psikomotorik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:39
Last Modified: 23 Jan 2017 04:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10514

Actions (login required)

View Item View Item