MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA (Studi Kasus Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta)

JOHANDRI - NIM. 03470581, (2008) MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA (Studi Kasus Di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA (Studi Kasus di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta))
BAB 1, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA TUNANETRA (Studi Kasus di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen Pembelajaran Siswa Tunanetra (Study Kasus di MAN Maguwoharjo Sleman). Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelasanaan / realisasi Manajemen Pembelajaran Siswa Tunanetra di MAN Maguwoharjo, dan belum maksimalnya program kerja MAN Maguwoharjo sebagai sekolah inklusi karena berbagai macam kendala yang sedang dihadapi seperti kurangnya sosialisi terhadap depan guru dan ketiadaan dana menjadi titik tolak penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menyempurnakan Manajemen Pemebalajaran di MAN Maguwoharjo sebagai sekolah inklusi dan Manajemen Pembelajaran Sekolah inklusi dapat terealisasi dengan baik. Penelitian ini penulis banyak melibatkan wakil kepala madrasah urusan kurikulum, wakil kepala madrasah urusan kesiswaan, dan dewan guru husus pembimbing siswa tunanetra karena mereka adalah yang berkompeten dibidang yang diadakan penelitian oleh penulis. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini adalah Deskriptif yaitu bersifat menggambarkan / menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan/realisasi Manajemen Pembelajaran Siswa Tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta sudah terealisasi hanya beberapa guru mata pelajaran saja seperti guru bidang study Bahasa Inggris, Matematika, Fisika dan Kimia, akan tetapi manajemen pembelajaran sekolah inklusi tersebut belum terealisasi semaksimal mungkin karena memiliki beberapa hambatan yang dihadapi oleh MAN Maguwoharjo Sleman. Disamping beberapa hambatan diatas, buku bidang study yang sudah dirubah ke dalam bentuk barailepun yang tersedia diperpustakaan sangat minim, buku bidang study yang sudah dirubah ke dalam bentuk baraile yaitu : Buku bidang study Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Matematika, Kimia (masing-masing dua buah buku bidang study yang sudah dirubah ke dalam bentuk braile @ menjadi enam exemplar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Misbah Ulmunir, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran, Tunanetra.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 May 2012 08:20
Last Modified: 15 Mar 2017 01:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item