PENGARUH KEPEMILIKAN BLOCKHOLDER , KEPEMILIKAN MANAJERIAL, ALIRAN KAS BEBAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARI’AH

IVA NIKMATUL ROHMI , NIM. 08390025 (2012) PENGARUH KEPEMILIKAN BLOCKHOLDER , KEPEMILIKAN MANAJERIAL, ALIRAN KAS BEBAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN UTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DAFTAR EFEK SYARI’AH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)

Abstract

Dalam menentukan kebijakan utang, manajer harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya termasuk didalamnya potensi terjadinya agency problems, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah kepemilikan blockholder, kepemilikan manajerial, aliran kas bebas, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan blockholder, kepemilikan manajerial, aliran kas bebas, ukuran perusahaan terhadap kebijakan utang. Sumber data penelitian ini adalah data sekunder yang berupa Data Laporan Keuangan Perusahaan, Indonesian Capital Market Directory (ICMD), dan IDX Statistics yang diperoleh melalui Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Bursa efek Indonesia (BEI) Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah tahun 2007-2010. Alat uji yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan tujuan agar dapat diperoleh sampel yang terwakili. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kebijakan utang adalah kepemilikan blockholder (BO) dengan sig. t sebesar 0.0049 (sig. t < 0.05). Aliran kas bebas dengan sig.t sebesar 0.028 (sig. t < 0.05). Ukuran perusahaan dengan sig. t sebesar 0.000 (sig. t < 0.05) Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0.828, hal ini berarti 17.2% variasi kebijakan utang dapat dijelaskan oleh variasi dari keempat variabel yang berpengaruh terhadap kebijakan utang perusahaan. Kata Kunci: Kepemilikan Blockholder (BO), Kepemilikan manajerial (MOWN), Aliran Kas Bebas (FCF), Ukuran Perusahaan (Size) dan Kebijakan Utang (DER).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Syafiq.M.Hanafi, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Blockholder (BO), Kepemilikan manajerial (MOWN), Aliran Kas Bebas (FCF), Ukuran Perusahaan (Size) dan Kebijakan Utang (DER).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:36
Last Modified: 26 Sep 2016 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum