ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, MARKET VALUE ADDED, DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2008-2010

IZRA BERAKON , NIM: 08390029 (2012) ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, MARKET VALUE ADDED, DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2008-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan perusahaan terdiri dari pos-pos keuangan yang membantu para investor untuk menilai perusahaan mana yang nantinya akan dipilih. Banyak pertimbangan yang dilakukan oleh para investor sebelum melakukan investasi di antaranya adalah melihat rasio keuangan perusahaan, kemampuan perusahaan untuk menciptakan nilai, dan kesuksesan perusahaan untuk memperoleh kekayaan sehingga mampu memakmurkan para investor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada para investor untuk menentukan investasi mana yang layak bagi para investor untuk berinvestasi. Selain itu penelitian ini juga mengkaji mengenai pengaruh variabel dan alat ukur yang terdiri dari Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return on Investment (ROI) terhadap return saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2008-2010. Penelitian ini termasuk kategori penelitian pustaka. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh EVA, MVA, dan ROI secara parsial dan simultan terhadap return saham pada perusahaan di JII. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di JII periode 2008 -2010 yang telah mempublikasikan laporan keuangannya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah return saham sedangkan variabel independennya adalah EVA, MVA, dan ROI. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui website resmi perusahaan-perusahaan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Islam Indonesia (UII), pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Indonesian Capital Market Directory (ICMD), media cetak dan elektronik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan EVA, MVA, dan ROI memiliki pengaruh terhadap return saham sebesar 21.6%. Secara parsial, variabel MVA berpengaruh positif signifikan terhadap return saham (sig.t 0.005 < 0.05 dan koefisien 0.577). Sementara itu variabel yang tidak berpengaruh adalah EVA (sig.t 0.437 dan koefisien 0.125) dan ROI (sig.t 0.024 dan koefisien -4.497). Kata Kunci: EVA, MVA,ROI, Return Saham, dan JII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, S.E., M. Si., Akt
Uncontrolled Keywords: EVA, MVA,ROI, Return Saham, dan JII.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:34
Last Modified: 26 Sep 2016 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum