DISKRIMINASI PENERAPAN HUKUM DALAM KASUS PENCURIAN DAN KORUPSI DI INDONESIA (STUDI SEJUMLAH KASUS PENCURIAN DAN KORUPSI DI INDONESIA)

KHABIB ABDULLAH , NIM. 08370063 (2012) DISKRIMINASI PENERAPAN HUKUM DALAM KASUS PENCURIAN DAN KORUPSI DI INDONESIA (STUDI SEJUMLAH KASUS PENCURIAN DAN KORUPSI DI INDONESIA). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan kehidupan masyarakat yang amat cepat sebagai hasil dari pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang telah membawa perubahan yang begitu besar. Hukum seiring sejalan mengimbangi perkembangan social, politik budaya, dan sain. Nanum dalam pelaksanaan hukum terdapat berbagai tantangan hukum yang bisa menimbulkan terjadinya diskriminasi penerapan hukum antara si kaya dan si miskin. Diskriminasi merupakan bentuk ketidakadilan. Ketidakadilan tersebut terwujud dalam pembedaan perlakuan hukum terhadap sesama warga Negara. Diskriminasi dalam praktik dapat terjadi secara explisit dan terselubung. Dan bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi dan bagaimana menurut Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) dengan menggunakan pendekatan normatif yakni pendekatan yang menganalisis pengertian hukum asas hukum sistem hukum dan berbagai konsep yuridis. Data yang digunakan berasal dari sumber data primer dan sekunder, sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analisis yakni penelitian yang memberikan gambaran secara lengkap dan sistematis terhadap objek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan hukum terhadap kasus pencurian kategori kaum miskin dan kasus korupsi kategori kaum kaya di indonesia, tidak sesuai berdasarkan besar ukuran pidananya. Tidak kesesuain ini pada cita-cita hukum yang mengarah pada kemaslahatan dan keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ocktoberinsyah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: DISKRIMINASI, PENERAPAN HUKUM, KASUS PENCURIAN DAN KORUPSI DI INDONESIA
Subjects: Jinayah Siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:35
Last Modified: 26 Apr 2016 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum