PENGARUH RETURN SAHAM, VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN VARIAN RETURN SAHAM TERHADAP BIDASK SPREAD PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2008-2010

ANDRIYANI NURHAYATI, NIM. 04390020 (2012) PENGARUH RETURN SAHAM, VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN VARIAN RETURN SAHAM TERHADAP BIDASK SPREAD PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2008-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Pasar modal memiliki peranan penting dalam perekonomian suatu negara. Saham merupakan salah satu instrumen investasi dalam pasar modal yang paling banyak dipilih para investor karena memberikan tingkat keuntungan yang menarik. Investor atau pemain saham perlu memiliki sejumlah informasi yang berkaitan dengan dinamika harga saham agar dapat mengambil keputusan tentang saham perusahaan yang layak untuk dipilih. Penilaian saham secara akurat dapat meminimalkan risiko sekaligus membantu investor mendapatkan keuntungan yang wajar. Pengetahuan tentang bid-ask spread sangat penting bagi investor terutama yang mengharapkan capital gain, karena hal ini dipandang sebagai salah satu komponen biaya dalam perdagangan saham. Bid-ask spread dalam pasar modal dipengaruhi oleh harga (return) saham, volume perdagangan saham dan varian return saham. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh return saham, volume perdagangan saham dan varian return saham terhadap bid-ask spread pada perusahaan yang termasuk di Jakarta Islamic Index periode 2008-2010. Penelitian ini termasuk kategori penelitian pasar modal karena menggunakan pasar modal sebagai objek penelitian. Populasi sekaligus yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 11 perusahaan yaitu AALI, ANTM, BMTR, INCO, INTP, KLBF, PTBA, SMGR, TINS, TLKM, dan UNVR. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling yang kemudian disusun secara pooling. Periode penelitian dilakukan dari awal tahun 2008 - akhir tahun 2010 sehingga datanya berjumlah 33. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah return saham, volume perdagangan saham dan varian return saham. Sedangkan bid-ask spread saham adalah variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data bulanan dari awal tahun 2008 sampai dengan akhir tahun 2010. Untuk menjelaskan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, variabel return saham, volume perdagangan saham dan varian return saham, terbukti berpengaruh simultan atau secara bersama-sama secara signifikan terhadap bid-ask spread saham pada perusahaan yang termasuk di Jakarta Islamic Index periode 2008-2010. Gabungan variabel independen penelitian ini dapat menjelaskan variabilitas bid-ask spread saham pada perusahaan yang termasuk di Jakarta Islamic Index sebesar 29,3%. Hasil uji parsial menunjukkan variabel volume perdagangan saham dan varian return saham berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap bid-ask spread, sedangkan return saham tidak berpengaruh terhadap bid-ask spread pada perusahaan yang termasuk di Jakarta Islamic Index.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bid-ask spread, return saham,volume perdagangan saham dan varian return saham.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:40
Last Modified: 23 Sep 2016 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum