PENGARUH RASIO AKTIVA TETAP, TARIF PAJAK, RISIKO BISNIS, PERTUMBUHAN AKTIVA DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2010

ASTRIA DEWI HM, NIM. 05390062 (2012) PENGARUH RASIO AKTIVA TETAP, TARIF PAJAK, RISIKO BISNIS, PERTUMBUHAN AKTIVA DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN KELOMPOK JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2006-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Modal sangat penting bagi suatu perusahaan karena modal digunakan untuk kegiatan operasional dan aktivitas perusahaan, selain itu modal juga digunakan untuk pengembangan bisnis. Oleh karena itu, perusahaan harus menentukan seberapa banyak modal yang diperlukan untuk membiayai bisnisnya. Salah satu masalah dalam pengambilan keputusan pendanaan adalah bagaimana menetapkan struktur modal yang optimal bagi perusahaan. Struktur modal yang optimal dapat diartikan sebagai struktur modal yang dapat meminimalkan biaya penggunaan modal keseluruhan atau biaya modal rata-rata, sehingga memaksimalkan nilai perusahaan. Struktur modal optimal dibentuk dengan menyeimbangkan keuntungan dari penghematan pajak atas penggunaaan hutang. Struktur modal merupakan suatu pilihan pendanaan perusahaan antara utang dan ekuitas. Banyak model yang digunakan untuk menjelaskan mengenai perilaku pendanaan perusahaan. Teori yang menjelaskan hal tersebut antara lain static trade-off theory, pecking order theory, dan teori keagenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengkaji pengaruh rasio aktiva tetap, tarif pajak, risiko bisnis, pertumbuhan aktiva dan struktur kepemilikan terhadap struktur modal pada perusahaan kelompok Jakarta Islamic Index (JII) periode 2006-2010. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 7 perusahaan dengan periode 5 tahun yaitu tahun 2006-2010 sehingga data berjumlah 35, cara pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu sampel diambil dari populasi dengan menggunakan pertimbangan atau kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data ICMD dan laporan keuangan tahunan perusahaan yang masuk dalam kelompok JII selama tahun 2006-2010. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda untuk menjelaskan pengaruh kelima variabel tersebut terhadap struktur modal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima variabel independen bahwa terdapat tiga variabel yang signifikan yaitu rasio aktiva tetap, risiko bisnis dan struktur kepemilikan sedangkan variabel tarif pajak dan pertumbuhan aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Secara keseluruhan, kelima variabel tersebut mampu menjelaskan variabel dependen (struktur modal) dengan prosentase yang cukup tinggi (46,6%) sehingga sisanya sebesar 53,4% dijelaskan oleh variabel lain yang belum teridentifikasi dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, leverage, theory agency, pecking order theory dan trade off theory.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:45
Last Modified: 23 Sep 2016 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10567

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum