BIMBINGAN KONSELING TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA (PSBR) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ANA NUR SYARIFAH ZAKIYAH SATUJU, NIM . 09220002 (2013) BIMBINGAN KONSELING TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA (PSBR) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KONSELING TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA (PSBR) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KONSELING TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA (PSBR) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (715kB)

Abstract

ANA NUR SYARIFAH ZAKIYAH SATUJU, Bimbingan Konseling Terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum Di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Daerah Istimewa Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus-kasus kenakalan anak atau remaja (ABH) di Daerah Istimewa makin banyak terjadi, ABH yang sedang menjalani proses pengadilan menjalani rehabilitasi di penjara dan ABH yang dipenjara mengalami dilema psikologis serta lembaga yang menyelenggarakan rehabilitasi salah satunya di RPSA PSBR DIY. Dari permasalahan tersebut maka diambil rumusan tentang kasus-kasus pelanggaran hukum yang dilakukan ABH dan proses pelaksanaan bimbingan konseling kepada ABH di RPSA PSBR DIY. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan bersifat kualitatif deskriptif. Metode dilakukan yaitu dengan wawancara terhadap subyek penelitian yaitu ketua RPSA, konselor RPSA serta anak yang berhadapan dengan hukum di PSBR DIY, observasi terhadap data kegiatan anak dan keluarga dan dokumentasi tentang gambaran umum profil dan kegiatan RPSA. Analisis data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dari makna itulah ditarik kesimpulan. Objek penelitian ini adalah kasus-kasus pelanggaran hukum yang dilakukan ABH dan pelaksanaan bimbingan konseling di RPSA Panti Sosial Bina Remaja D I Yogyakarta. Hasil penelitian ini menggambarkan kasus-kasus pelanggaran hukum yang dilakukan anak berhadapan hukum yang ditangani oleh Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Yogyakarta melalui program Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) salah satunya ialah kasus penggelapan mobil, pencurian kotak amal dan percobaan pembunuhan. Di dalam penelitian ini juga terkandung faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan pelanggaran hukum tersebut meliputi faktor pribadi, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Serta pelaksanaan bimbingan konseling terhadap pribadi ABH yang dilakukan oleh Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Yogyakarta melalui Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) melalui pendekatan-pendekatan terapi kognitif, terapi perilaku, terapi direktif dan hipnoterapi. Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Anak Berhadapan Hukum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Nurul Hak, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Anak Berhadapan Hukum
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2014 09:29
Last Modified: 30 Oct 2015 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item