FAKTOR R-FAKTOR PE R YANG M ERBANKAN MEMPENG N SYARIA GARUHI P AH DI IND ERATAAN ONESIA N LABA PA ADA

MAKSUUM , NIM. 083901 112 (2012) FAKTOR R-FAKTOR PE R YANG M ERBANKAN MEMPENG N SYARIA GARUHI P AH DI IND ERATAAN ONESIA N LABA PA ADA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)

Abstract

Laporan keuangan perbankan merupakan komponen penting yang sering dijadikan alat untuk menginformasikan kinerja perusahaan khususnya laba. Informasi laba ini sering menjadi target rekayasa tindakan oportunis manajemen untuk memaksimumkan kepuasaannya, tetapi dapat merugikan pemegang saham atau investor. Salah satu tindakan rekayasa adalah perataan laba (income smoothing) yaitu tindakan yang dilakukan manajemen untuk meningkatkan market returns. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa perusahaanperusahaan melakukan perataan laba untuk memberikan kesan positif terhadap pihak eksternal seperti pemegang saham, pemerintah, nasabah atau masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah perbankan syariah yang operasionalnya menggunakan prinsip syariah melakukan praktik perataan laba. Adapun variabel-variabel yang diteliti sebagai variabel independen adalah ukuran perusahaan (size), profitabilitas, financial leverage, penyisihan penghapusan aktiva produktif (PPAP) dan perbedaan laba aktual dan laba normal (PLAN), sedangkan variabel dependennya adalah perataan laba (income smoothing). Teori yang dipakai adalah teori keagenan (agency theory), teori asimetri informasi (information asymetri), signaling theory, manajemen laba (earning management) dan teori perataan laba (income smoothing). Penelitian ini termasuk penelitian terapan dengan populasi yang sekaligus dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 5 BUS (Bank Umum Syariah). Sifat penelitian ini adalah kuantitatif yaitu data yang digunakan berupa angka-angka atau besaran tertentu yang sifatya pasti sehingga data dapat dianalisis menggunakan statistik. Periode penelitian dilakukan dari triwulan I 2009 – triwulan IV 2011. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dianalisis menggunakan model regresi logit (logistic regression). Hasil penelitian diperoleh bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap perataan laba sedangkan empat variabel lainnya tidak berpengaruh signifikan terhadap perataan laba pada perbankan syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misneen Ardiaansyah, Se, M.Si
Uncontrolled Keywords: Perataan laba (income smoothing),ukuran perusahaan (size), financial leverage, penyisihan penghapusan aktiva produktif (PPAP) dan perbedaan laba aktual dan laba normal (PLAN).
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:45
Last Modified: 26 Sep 2016 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum