TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN ISTRI DALAM MENCARI NAFKAH DAN RELEVANSINYA DENGAN UU NO. 1 TAHUN 1974 PASAL 34

MUAMMAR , NIM: 05350070 (2012) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERAN ISTRI DALAM MENCARI NAFKAH DAN RELEVANSINYA DENGAN UU NO. 1 TAHUN 1974 PASAL 34. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Di dalam kehidupan berumah tangga, seorang perempuan memiliki peranan yang sangat penting untuk menentukan bagaimanakah generasi berikutnya. Jika dihadapkan pada kondisi ekonomi seperti sekarang ini, tentunya menuntut seorang perempuan dalam kapasitasnya sebagai istri untuk membantu suaminya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Islam sebagai agama yang dipeluk oleh mayoritas penduduk Indonesia, tentu sangat berpengaruh terhadap pola hidup bangsa Indonesia. Perilaku pemeluknya tidak lepas dari syari’at yang dikandung agamanya. Melaksanakan syari’at agama yang berupa hukum-hukum menjadi salah satu parameter ketaatan seseorang dalam menjalankan agamanya. Lahirnya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan diharapkan dapat memperbaiki dan meningkatkan derajat kaum wanita dan diharapkan pada masa yang akan datang suami harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap istri dan anak-anaknya di dalam hal pemeliharaan dan perlindungannya. Dalam penelitian ini jenis yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang ditekankan pada penelusuran dan penelaahan literatur-literatur terkait yang relevan dengan pokok permasalahan yang dikaji dan dapat menunjang pokok-pokok masalah. Sumber-sumber data diperoleh dari berbagai karya tulis seperti buku, majalah, artikel dan jurnal yang secara langsung maupun tidak mengenai persoalan tentang tinjauan hukum Islam terhadap peran istri dalam mencari nafkah serta relevansinya dengan UU No. 1 Tahun 1974 pasal 34. Dalam menganalisa data, penyusun menggunakan analisis kualitatif dengan cara deduktif, yaitu analisa yang bertolak pada data-data yang bersifat umum, kemudian diambil kesimpulan yang bersifat khusus. Metode ini akan digunakan untuk menganalisa al-Quran’ surat Al-Baqarah (2) : 233 dan At Thalaq (65) : 6 dan ayat-ayat lainnya yang terkait dengan rumusan masalah skripsi ini untuk selanjutnya meneliti secara mendalam dan detail serta merelevansikannya dengan Undang-Undang Perkawinan Pasal No. 1 Tahun 1974 Pasal 34, untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Perempuan bekerja mencari nafkah, baik dalam lapangan ekonomi maupun sosial seperti halnya kaum laki-laki, diperbolehkan dalam ajaran Islam. Sumber-sumber Islam, baik Al-Qur'an, hadis, maupun fiqh, tidak satu pun yang menafikan kerja dan profesi kaum perempuan dalam bidang dan sektor apa pun yang dibutuhkan dalam kehidupan untuk mencari nafkah. Sepanjang pekerjaan tersebut tidak menimbulkan fitnah dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai moral dan agama yang ada, serta tidak melalaikan kewajiban utama sebagai ibu rumah tangga dan pendidik anak-anaknya serta perlu diingat harus berdasarkan musyawarah, sehingga keadilan dalam melaksanakan tanggung jawabnya masing-masing dapat terwujud dan kepentingan-kepentingan keluarga yang lain dapat pula bersama-sama mereka penuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Fatma Amilia, M. Si
Uncontrolled Keywords: TINJAUAN HUKUM ISLAM, PERAN ISTRI DALAM MENCARI NAFKAH DAN RELEVANSINYA DENGAN UU NO. 1 TAHUN 1974 PASAL 34
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:45
Last Modified: 13 Apr 2016 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum