PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI STUDY DI KAMPUNG CYBER RT. 36 TAMAN, PATEHAN, KRATON, YOGYAKARTA

FAOZIYAH, NIM. 09230014 (2013) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI STUDY DI KAMPUNG CYBER RT. 36 TAMAN, PATEHAN, KRATON, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI STUDY DI KAMPUNG CYBER RT. 36 TAMAN, PATEHAN, KRATON, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI STUDY DI KAMPUNG CYBER RT. 36 TAMAN, PATEHAN, KRATON, YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi Studi di Kampung Cyber RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta. Istilah pemberdayaan semakin dikenal seiring banyaknya masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Seiring berjalanya waktu masalah-masalah sosial semakin beragam sejalan dengan berkembangnya teknologi internet dewasa ini, internet pun kini bisa diakses oleh berbagai kalangan tak terkecuali oleh masyarakat Kampung Cyber RT 36, masyarakat Kampung Cyber RT 36 mampu menghadirkan internet di tengah-tengah warga serta memanfaatkan teknologi internet secara tepat dan produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan serta manfaat yang dirasakan oleh masyarakat setempat terhadap adanya Kampung Cyber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data interaktif Milles dan Huberman dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahapan proses pemberdayaan masyarakat berbasis teknologi informasi yang terdapat di Kampung Cyber yaitu sosialisasi, pemetaan wilayah, perencanaan, pelatihan, pelaksanaan dan pendampingan. Sedangkan manfaat yang dirasakan oleh warga sekitar yaitu terciptanya ruang interaksi baru, dikenal banyak orang, sumber informasi dan referensi, mempermudah dan mempercepat pekerjaan, membuka dan mengembangkan usaha, mempermudah pergaulan dan menambah teman, sebagai ajang promosi. Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Teknologi Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. FAJRUL MUNAWIR M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Teknologi Informasi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2014 10:23
Last Modified: 17 Nov 2015 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum