PENGARUH PROFIT SHARING, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), CAPITAL ADEQUACY RATIO(CAR), SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP JUMLAH SIMPANAN MUDARABAH ARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (PERIODE 2007-2011)

FIRDHA ROIKHATUL JANNAH, NIM. 08390066 (2012) PENGARUH PROFIT SHARING, FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), CAPITAL ADEQUACY RATIO(CAR), SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP JUMLAH SIMPANAN MUDARABAH ARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH (PERIODE 2007-2011). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)

Abstract

paling diminati oleh masyarakat Indonesia, yang terdiri dari tabungan dan deposito muḍârabah. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun oleh perbankan syariah pada tahun 2011. Komposisinya meliputi tabungan dan deposito muḍârabah sebesar Rp 49,906 triliun, serta giro wadi’ah Rp 8,413 triliun. Besarnya simpanan muḍârabah yang berhasil dihimpun dipengaruhi oleh banyak faktor, baik itu faktor eksternal, maupun faktor internal bank syariah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besarnya pengaruh profit sharing, financing to deposit ratio (FDR), capital adequacy ratio (CAR), suku bunga dan inflasi terhadap jumlah simpanan muḍârabah pada Bank Umum Syariah (BUS) periode 2007-2011. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian terapan berdasarkan tujuannya. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah Bank Umum Sayariah yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Syariah Mega Indonesia. Tekhnik yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data yang diukur dengan skala numerik (angka). Data penelitian ini merupakan data sekunder yang berjumlah 57 data, diambil dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bank Indonesia triwulan I tahun 2007 hingga triwulan III tahun 2011. Adapun variabel indipenden dalam penelitian ini adalah profit sharing, financing to deposit ratio (FDR), capital adequacy ratio (CAR), suku bunga dan inflasi. Sedangkan jumlah simpanan muḍârabah adalah variabel dependennya. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linear berganda atau Ordinary Least Square (OLS). Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa, profit sharing, financing to deposit ratio (FDR), capital adequacy ratio (CAR), suku bunga dan inflasi terbukti secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap simpanan muḍârabah. Secara parsial atau pada uji t menunjukkan bahwa hanya dua variabel yang berpengaruh positif signifikan terhadap simpanan muḍârabah, yaitu profit sharing, dan financing to deposit ratio (FDR), sedangkan capital adequacy ratio (CAR), suku bunga dan inflasi tidak terbukti signifikansinya. Adapun besarnya adjusted R-squared yaitu 0,712 yang berarti simpanan muḍârabah pada Bank Umum Syariah mampu dijelaskan oleh variabel independen sebesar 71,2% dan sisanya sebesar 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Simpanan muḍârabah, profit sharing, financing to deposit ratio(FDR), capital adequacy ratio (CAR), suku bunga inflasi, Bank Umum Syariah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:46
Last Modified: 26 Sep 2016 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum