PERBANDINGAN KINERJA SAHAM SYARI’AH BERBASIS SYARI’AH STOCK SCREENING YANG BERLAKU DI INDONESIA, MALAYSIA DAN GABUNGAN KEDUANYA

MUSTIKA NOOR MIFRAHI , NIM. 08390108 (2012) PERBANDINGAN KINERJA SAHAM SYARI’AH BERBASIS SYARI’AH STOCK SCREENING YANG BERLAKU DI INDONESIA, MALAYSIA DAN GABUNGAN KEDUANYA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)

Abstract

Keberadaan pasar modal syari’ah di Indonesia sejak tahun 1997 dengan diterbitkannya Reksa Dana Syariah oleh PT. Danareksa Investment Management mengalami peningkatan yang cukup baik ditandai dengan munculnya index syariah yaitu Jakarta Islamic Index dan Index Saham Syariah Indonesia. Tetapi, banyak studi yang menunjukkan bahwa kinerja saham syariah di Indonesia ternyata tidak lebih baik dibandingkan dengan saham syariah di negara lain khususnya Malaysia. Untuk itu diperlukan adanya regulasi baru yang mendukung berkembangnya investasi syari’ah di pasar modal Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan syari’ah stock screening yang berlaku di Malaysia akan menghasilkan kinerja saham yang lebih baik. Begitu juga, bagaimana bila kedua syariah stock screening yang berlaku di Indonesia dan Malaysia digabung membentuk sebuah saham syari’ah stock screening yang baru dengan penambahan satu variabel baru. Hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat perbedaan market performance antara DES Indonesia dengan DES yang disaring menggunakan syari’ah stock screening Malaysia. Nilai M 2 dari saham syari’ah yang menggunakan syari’ah stock screening Malaysia, lebih tinggi jika dibandingkan dengan syari’ah stock screening Indonesia. Begitu juga nilai M 2 dari saham syari’ah yang menggunakan syari’ah stock screening baru, lebih tinggi jika dibandingkan dengan menggunakan syari’ah stock screening Indonesia. Namun tidak terdapatnya perbedaan ini, secara deskriptif menunjukkan perbedaan yaitu dari rata-rata tingkat return yang diberikan terjadi peningkatan sebesar 5.7% dengan menggunakan syari’ah stock screening Malaysia, dan 36.27% dengan syari’ah stock screening yang baru. Saham syari’ah dengan menggunakan syari’ah stock screening baru mampu menghasilkan return tertinggi dibandingkan dengan menggunakan syari’ah stock screening Indonesia maupun Malaysia. Dari ketiga kelompok saham tersebut, syari’ah stock screening Malaysia merupakan kelompok saham yang menghasilkan tingkat M 2 yang paling baik. Keyword: syari’ah stock screening, market performance, Malaysia, M 2 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ibnu Qizam, SE, M.Si, Akt
Uncontrolled Keywords: syari’ah stock screening, market performance, Malaysia, M 2
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:48
Last Modified: 26 Sep 2016 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum