PENGARUH NET PROFIT MARGIN, DEGREE OF OPERATING LEVERAGE, CURRENT RATIO, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (PERIODE TAHUN 2008-2010)

MUTYA WILUJENG NUSWANTARI, NIM. 06390056 (2012) PENGARUH NET PROFIT MARGIN, DEGREE OF OPERATING LEVERAGE, CURRENT RATIO, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (PERIODE TAHUN 2008-2010). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Kebijakan dividen berkaitan erat dengan penentuan pembagian pembagian pendapatan perusahaan antara penggunaan pendapatan untuk dibayarkan kepada pemegang saham sebagai dividen atau digunakan sebagai laba ditahan di dalam perusahaan. Terdapat beberapa kontroversi tentang penentuan besarnya dividen yang dibayarkan. Berasal dari fenomena dan kontroversi tersebut, maka penyusun tertarik untuk melakukan penelitian tentang kebijakan dividen. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh net profit margin (NPM), degree of operating leverage (DOL), current ratio (CR), dan ukuran perusahaan (Size) terhadap terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang termasuk di Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian menggunakan teknik purposive sampling pada populasi perusahaan yang termasuk di Jakarta Islamic Index (JII) menghasilkan 30 sampel perusahaan. Periode penelitian yaitu tahun 2008-2010. Variabel independen dari penelitian ini adalah NPM, DOL, CR, dan Size, sedangkan variabel dependennya adalah dividend payout ratio (DPR). Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan sampel yang meliputi laporan neraca dan laba rugi. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NPM, DOL, CR, dan Size secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap DPR. Secara parsial NPM berpengaruh negatif signifikan terhadap DPR. Variabel DOL berpengaruh negatif signifikan terhadap DPR. Variabel CR tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR, dan Size tidak berpengaruh signifikan terhadap DPR. Kata kunci : net profit margin (NPM), degree of operating leverage (DOL), current ratio (CR), ukuran perusahaan (Size), dividend payout ratio (DPR)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misneen Ardiaansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: net profit margin (NPM), degree of operating leverage (DOL), current ratio (CR), ukuran perusahaan (Size), dividend payout ratio (DPR)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:48
Last Modified: 07 Feb 2024 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum