PERANG IKLAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM(STUDI KASUS OPERATOR SELULER XL {PT. EXCELCOMINDO AXIATA TBK.}DAN OPERATOR SELULER AS {PT.TELKOMSEL TBK.})

INDRAWATI HAYATI GANI, NIM. 07380060 (2012) PERANG IKLAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM(STUDI KASUS OPERATOR SELULER XL {PT. EXCELCOMINDO AXIATA TBK.}DAN OPERATOR SELULER AS {PT.TELKOMSEL TBK.}). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (361kB)

Abstract

Dalam bisnis modern iklan memainkan peran yang sangat penting karena untuk menyampaikan informasi atau pesan tentang suatu produk kepada masyarakat. Dalam hal ini operator seluler kartu AS dari PT. Telkomsel Tbk. Dan operator seluler katrtu XL dari PT Excelcomindo Pratama Tbk. Dalam menarik konsumen untuk membeli prodaknya yakni menggunakan iklan baik melalui media siaran, media cetak maupun media outdoor. Dalam mengiklankan produknya kedua operator seluler ini yakni kartu XL dan kartu AS adalah mengiklankan prodaknya dengan cara serang menyerang dalam iklan yang terlihat dari slogan-slogan yang dikeluarkan oleh kedua operator ini seperti iklan yang dikeluarkan oleh kartu XL “sejujur Baim, sejujur XL” kemudian kartu AS mengeluarkan slogannya yang dibawakan oleh Sule ýang sebelumnya menjadi ikon operator seluler XL yakni “makanya jangan mau dibohongi anak kecil”. Hal diatas dapat dikatakan kedua operator iklan ini dalam mengiklankan prodaknya tidak memakai etika pariwara Indonesia yang telah dibuat oleh dewan periklanan Indonesia dan juga jauh dari etika bisnis Islam. Dari permasalahan diatas maka penyusun mengangkatnya menjadi skripsi dengan judul “perang iklan perspektif etika bisnis Islam studi kasus operator seluler kartu XL (PT.Excelcomindo Axiata Tbk.) dan operator seluler kartu AS (PT.Telkomsel Tbk.)”. yang akan dianalisis masalah tersebut dari sudut pandang etika bisnis Islam dan etika priwara Indonesia kemudian mengimplikasikan dengan dunia periklanan saat ini sehingga kita dapat mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam dunia periklanan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sementara sifat penelitian ini adalah deskiptif-analitik. Namun data yang dikumpulkan melalui media siaran televisi yakni iklan kedua operator seluler yakni kartu XL dan kartu AS sehingga metode analisis datanya menggunakan metode analisis wacana dimana data dianalisis menggunakan tiga metode yaitu: analisis teks, analisis praktik wacana dan terkhir menggunakan analisis sosial budaya. Setelah mengkaji dan menganalisis menggunakan prinsip-prinsip dasar dalam etika bisnis Islam dan kode etik etika pariwara Indonesia maka Perang iklan kedua operator ini dalam mengiklankan produknya tidak memperhatikan kode etik yang terkandung dalam etika pariwara Indonesia yang hanya merupakan taktik untuk meraup keuntungan semata dan dalam etika bisnis Islam dilarang karena melanggar empat dasar prinsip etika bisnis Islam yaitu jujur dalam takaran, dilarang menggunakan sumpah, membangun hubungan baik antar kolega dan menetapkan harga transparan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: iklan, kartu AS dari PT. Telkomsel Tbk., kartu XL dari PT Excelcomindo Pratama Tbk.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:49
Last Modified: 15 Jun 2016 02:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item