PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI AGEN TERHADAP ETIKA BISNIS ASURANSI SYARI’AH(STUDI DI BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA)

IRMA NUR HASTUTI SHAALIHAH, NIM. 08380014 (2012) PEMAHAMAN DAN IMPLEMENTASI AGEN TERHADAP ETIKA BISNIS ASURANSI SYARI’AH(STUDI DI BUMIPUTERA 1912 SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (646kB)

Abstract

Perkembangan Perasuransian Syari’ah saat ini tergolong sangatlah pesat, hal ini tidak terlepas dari kerjasama antar karyawan dan juga agen AJB Bumiputera Syari’ah yang tentunya sangat berperan dalam pemasaran produk. Laksana urat nadi bagi perkembangan usaha perasuransian, maka sudah menjadi kewajiban bagi agen asuransi untuk memiliki kemampuan dalam menjelaskan segala macam mekanisme yang ada. Selain itu, untuk memahami prinsip-prinsip dan etika bisnis syari’ah sebagai landasan dalam pemasaran produk asuransi syari’ah. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan tentang pemahaman dan implementasi agen terhadap etika bisnis asuransi syari’ah, sebuah studi di AJB Bumiputera 1912 Syari’ah Yogyakarta. Penyusun memilih penelitian di AJB Bumiputera 1912 Syari’ah, karena AJB Bumiputera 1912 Syari’ah merupakan salah satu asuransi syari’ah yang mengalami peningkatan sangat pesat dalam laju pemasaran produknya dalam kurun waktu singkat sejak berdirinya dan tidak semua karyawannya mempunyai latar belakang pendidikan berbasis syari’ah. Untuk itu penyusun tertarik melakukan penelitian di AJB Bumiputera 1912 Syari’ah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai pemahaman dan implementasi agen terhadap etika bisnis Islami dan kode etik keagenan dalam AJB Bumiputera Syari’ah. Dalam skripsi ini, penyusun menggunakan metode deskriptif analitik, yaitu dengan memaparkan data-data dan informasi tentang pengetahuan para agen disertai dengan analisis untuk kemudian diambil kesimpulan. Pada akhirnya dapat dilihat bagaimana pemahaman agen terhadap etika bisnis dan kode etik keagenan. Sedangkan data-data dalam penelitian ini dihimpun melalui wawancara dan kuesioner/angket secara langsung terhadap para pihak yang terkait. Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapat, bahwasanya 80% agen telah memahami etika pemasaran, prinsip-prinsip syari’ah dan kode etik keagenan secara teori. Namun, dalam implementasinya, masih terdapat perilaku dan sikap para agen yang kurang sesuai dengan etika bisnis dan kode etik keagenan di AJB Bumiputera 1912 Syari’ah. Hal yang menjadi alasan antara lain, pertama, masih terdapat 45% dari jumlah agen yang juga memasarkan produk dari asuransi konvensional, hal ini bertentangan dengan kode etik keagenan dan asas-asas syari’ah. Kedua, ketika menyampaikan jenis akad yang digunakan setiap kali transaksi, 5% dari jumlah agen tidak menyampaikan jenis akad tersebut. Ketiga, masih terdapat 21% dari jumlah agen yang pernah menggunakan dana kutipan premi karena kebutuhan mendesak, hal ini bertentangan dengan kode etik keagenan. Keempat, masih ada 33% agen yang tidak menjelaskan hak dan kewajiban tertanggung, hal ini bertentangan dengan kode etik keagenan dan etika bisnis Islami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: asuransu syari'ah, implementasi agen, AJB Bumiputera 1912 Syari’ah
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:49
Last Modified: 15 Jun 2016 02:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item