TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEPEMILIKAN PASIR MATERIAL VULKANIK MERAPI DI ATAS TANAH PRIBADI(STUDI KASUS DI DESA JUMOYO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG)

MUHAMAD BAIHAQI, NIM. 07380031 (2012) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KEPEMILIKAN PASIR MATERIAL VULKANIK MERAPI DI ATAS TANAH PRIBADI(STUDI KASUS DI DESA JUMOYO KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (242kB)

Abstract

Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang merupakan Desa dengan kondisi tanah yang subur dan lahan pertanian yang luas. Karena terjadi letusan gunung Merapi tahun 2010 silam, desa ini sebagian besar wilayahnya terendam material vulkanik Merapi. Dari kejadian tersebut, sebagian besar masyarakat desa Jumoyo beralih profesi menjadi penambang pasir hal ini dikarenakan jumlah pasir yang sangat berlimpah. Dalam pelaksanaan penambangan pasir tersebut, terjadi persengketaan mengenai status kepemilikan pasir tersebut. Sebagian masyarakat mengklaim bahwasannya pasir tersebut miliknya karena berada di atas tanah mereka, sedangkan masyarakat lain berpendapat bahwasannya pasir tersebut milik umum dan masyarakat bebas untuk mengambilnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan menganalisa “Pelaksanaan kepemilikan pasir material vulkanik Merapi di atas tanah pribadi di Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang” dan untuk mengetahui status kepemilikan pasir yang berada di atas tanah milik pribadi tersebut. Kerangka teori yang digunakan adalah dengan menggunakan al-Qur’an, hadis dan qiyas. Jenis penelitian ini merupakan field research. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik purposive sampling cara memperolehnya dengan wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah normatif dan kemudian dianalisis secara deduktif dengan berpedoman pada hukum Islam. Dari penelitian ini penyusun menyimpulkan bahwa status kepemilikan pasir material vulkanik Merapi yang berada di atas tanah milik pribadi yang terdapat di Desa Jumoyo Kecamatan Salam Kabupaten Magelang tersebut status kepemilikannya yaitu kepemilikan secara pribadi atau individual. Akan tetapi Kepemilikan tersebut tidaklah absolut hal ini dikarenakan kepemilikan yang hakiki adalah milik Allah semata, dan Allah menganugerahkan kepada manusia dalam rangka memberikan fasilitas bagi kehidupan manusia untuk kesejahteraan manusia. Sedangkan mekanisme kepemilikan pasir sudah sesuai dengan hukum Islam yaitu melaui Ihrazul Mubahat dan Aqd.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepemilikan pasir material vulkanik Merapi, huku islam
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2014 07:50
Last Modified: 15 Jun 2016 04:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item