ANALISIS PENGARUH MODAL SENDIRI, NPF, PROSENTASE BAGI HASIL DAN MARK UP KEUNTUNGAN TERHADAP PEMBIAYAAN (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH NASIONAL DEVISA PERIODE 2007-2010)

Refita Ayu Arumsari , NIM. 08390054 (2012) ANALISIS PENGARUH MODAL SENDIRI, NPF, PROSENTASE BAGI HASIL DAN MARK UP KEUNTUNGAN TERHADAP PEMBIAYAAN (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH NASIONAL DEVISA PERIODE 2007-2010). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan merupakan indikator utama untuk mengukur perkembangan atau pertumbuhan pangsa pasar perbankan syariah nasional, sehingga perlu dikaji faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi besarnya jumlah pembiayaan yang disalurkan ke masyarkat oleh sebuah lembaga keuangan. Pembiayaan secara umum yakni penyediaan uang atau tagihan atau yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan tujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu ditambah dengan sejumlah bunga, imbalan, atau pembagian hasil Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena ekonomi dan keuangan khususnya menyangkut kinerja bank syariah. Penelitian ini juga menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi para nasabah dalam proses pengambilan keputusan pembiayaan di bank syariah. Penelitian ini menggunakan data sekunder runtut waktu (time series). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, yaitu mencari data berupa laporan keuangan dari objek penelitian yakni Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Mega Syariah Indonesia. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil pengujian menunjukkan modal sendiri atau ekuitas dan NPF (Non Performing Financing) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan. Hal ini dikarenakan modal sendiri yang dimiliki oleh Bank Umum Syariah Nasional Devisa pada tahun penelitian cukup besar dan cukup mampu mengendalikan serta memberikan kebijakan kredit secara baik. Sedangkan marjin keuntungan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan. Hal ini dikarenakan marjin keuntungan yang ditentukan oleh Bank Umum Syariah Devisa pada tahun penelitian masih tinggi sehingga minat masyarakat untuk mengajukan pembiayaan semakin berkurang. Kata Kunci: Modal Sendiri, NPF (Non PerformingFinancing), Prosentase Bagi Hasil dan Mark up Keuntungan, Pembiayaan, dan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misneen Ardiaansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Modal Sendiri, NPF (Non PerformingFinancing), Prosentase Bagi Hasil dan Mark up Keuntungan, P
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:51
Last Modified: 26 Sep 2016 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum