ANALISIS PENGARUH BID-ASK SPREAD, NILAI PASAR, DAN RISIKO SAHAM TERHADAP PERIODE KEPEMILIKAN SAHAM (HOLDING PERIOD) PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH

RIA MARYATI , NIM: 08390105 (2012) ANALISIS PENGARUH BID-ASK SPREAD, NILAI PASAR, DAN RISIKO SAHAM TERHADAP PERIODE KEPEMILIKAN SAHAM (HOLDING PERIOD) PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam investasi pasar modal, investor mempunyai kebebasan dalam memilih jenis saham perusahaan yang go public. Dalam hal ini, investor harus memiliki pertimbangan guna mengurangi risiko sampai pada tingkat yang sekecil mungkin untuk mendapatkan gain yang optimal. Apabila investor memprediksikan bahwa saham perusahaan yang dibeli dapat menguntungkan, maka investor akan cenderung menahan saham yang dimiliki dalam jangka waktu lebih lama, tentunya dengan harapan bahwa harga jual saham tersebut akan lebih tinggi di masa yang akan datang, dan sebaliknya. Daftar Efek Syariah atau DES merupakan kumpulan efek yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah, yang ditetapkan oleh Bapepam dan LK atau pihak lain yang diakui oleh Bapepam dan LK. Pemilihan Daftar Efek Syariah dalam penelitian ini, karena Daftar Efek Syariah merupakan salah satu parameter perkembangan pasar modal syariah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bid ask spread, nilai pasar (market value), dan risiko saham (risk of return) terhadap periode kepemilikan saham (holding period) pada perusahaan yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan seluruh perusahaan yang mempunyai data data bid price dan ask price, volume transaksi, jumlah saham beredar, dan closing price selama periode penelitian 2007-2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan menggunakan kriteria tertentu. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 data observasi yang selalu masuk dalam Daftar Efek Syariah selama periode penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai Adjusted R 2 18.9% variasi holding period dapat dijelaskan oleh ketiga variabel yaitu bid-ask spread, market value, dan risiko saham sedangkan 81.1% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Dari hasil uji F diperoleh hasil bahwa bid-ask spread, market value dan risiko saham secara simultan berpengaruh terhadap holding period, sedangkan dari hasil uji t diperoleh bukti bahwa variabel bid-ask spread berpengaruh positif dan signifikan terhadap holding period. Variabel market value dan risiko saham tidak berpengaruh signifikan terhadap holding period. Ketiga hasil tersebut telah teruji dengan taraf signifikasi sebesar 5% (α =5%). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa apabila bid-ask spread saham meningkat maka sebaiknya investor menahan lebih lama saham perusahaan tersebut, dan sebaliknya. Kata kunci : bid-ask spread, market value, risiko saham dan holding period.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si., Akt.
Uncontrolled Keywords: bid-ask spread, market value, risiko saham dan holding period
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:51
Last Modified: 26 Sep 2016 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum