PENGARUH PRICE TO EARNING RATIO (PER), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON ASSET (ROA), PRICE TO BOOK VALUE (PBV) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2008-2010

RIZQI TAUFIKA HIDAYAH , NIM. 08390092 (2012) PENGARUH PRICE TO EARNING RATIO (PER), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), RETURN ON ASSET (ROA), PRICE TO BOOK VALUE (PBV) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2008-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)

Abstract

Krisis keuangan yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2008 mengakibatkan ekonomi dunia bergoncang, termasuk Indonesia. Hal ini mengakibatkan kepanikan yang luar biasa bagi para investor, sehingga sentimen negatif terus berkembang yang mengakibatkan banyak harga saham perusahaan nilainya menurun tajam. Banyak perusahaan-perusahaan yang gulung tikar akibat terjadi krisis keuangan ini. Fundamental perusahaan yang bagus menjadi salah satu hal yang akan diperhatikan investor dalam mengambil keputusan investasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai pengaruh faktor fundamental terhadap harga saham pada perusahaan yang masuk di Jakarta Islamic Index tahun 2008-2010. Penelitian ini termasuk kategori penelitian terapan. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh variabel fundamental secara simultan dan parsial terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index dengan sampel perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2008-2010. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel independen dari penelitian ini adalah PER, DER, ROA, PBV dan NPM, sedangkan variabel dependennya adalah harga saham. Data penelitian ini adalah data sekunder dari www.idx.com dan ICMD. Pengolahan data menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel PER, DER, ROA, PBV dan NPM mempunyai pengaruh terhadap harga saham sebesar 62,9% sedangkan sisanya (100% - 62,9% = 37,1%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Secara parsial, variabel NPM sesuai dengan hipotesis yaitu berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel PER, DER, ROA dan PBV tidak sesuai dengan hipotesis karena tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Kata Kunci: Harga Saham, PER, DER, ROA, PBV dan NPM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Slamet Haryono, S.E, M.Si., Akt
Uncontrolled Keywords: Harga Saham, PER, DER, ROA, PBV dan NPM
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:53
Last Modified: 26 Sep 2016 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum