SIKAP DAN INTENSITAS MAHASISWA/I FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PROGRAM CHATING DENGAN YUSUF MANSUR DI ANTV

MIFTAHUDDIN KHAIRUDDIN, NIM. 09210033 (2013) SIKAP DAN INTENSITAS MAHASISWA/I FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PROGRAM CHATING DENGAN YUSUF MANSUR DI ANTV. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SIKAP DAN INTENSITAS MAHASISWA/I FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PROGRAM CHATING DENGAN YUSUF MANSUR DI ANTV)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SIKAP DAN INTENSITAS MAHASISWA/I FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PROGRAM CHATING DENGAN YUSUF MANSUR DI ANTV)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Program chatting dengan Yusuf Mansur mampu membuat seseorang mahasiswa/i baik laki-laki dan perempuan tertahan secara lebih intens didepan layar televisi, hal ini bisa terjadi saat mereka menontonnya. Kehadiran program chatting dengan Yusuf Mansur ini sebagai media informasi komunikasi berupa dakwah islamiyah yang sanggup memberikan dampak terhadap sikap seseorang mahasiswa/i baik itu dari segi kognitif, konatif maupun perilaku. Semakin kuat, dan besar intensitas yang ditunjukkan mahasiswa/i melalui dimensi frekuensi, motivasi, perhatian dalam menonton program chatting dengan Yusuf Mansur di antv, maka semakin besar pengaruh terhadap sikap mahasiswa/i itu sendiri. Berawal dari fenomena di atas, peneliti tertarik untuk meneliti tentang intensitas menonton dan sikap yang dialami dan dirasakan oleh mahasiswa/i, adapun variabel - variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen (X) intensitas mahasiswa/i dan jenis kelamin dalam menonton program chatting dengan Yusuf Mansyur di antv, variabel dependen (Y) sikap mahasiswa terhadap program chatting dengan Yusuf Mansyur di antv. Metode penelitian menggunakan metode penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan angket/kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penyusunan pertanyaan angket disini menggunakan skala sikap likert dengan lima alternatif jawaban. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2011 berjumlah 601 orang, sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik random sampling dan jumlah sampel penelitian adalah 60 orang, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pengukuran skala sikap, untuk uji coba peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas guna memastikan apakah instrumen penelitian yang akan digunakan sudah valid dan reliabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan intensitas menonton adalah kategori tinggi 18,3%, sedang 65%, rendah 16,7%, sikap mahasiswa/i adalah sikap favorable yaitu sikap menerima program chating dengan Yusuf Mansur di antv. Adanya hubungan sangat signifikan antara intensitas menonton dan sikap mahasiswa/i dengan signifikansi 0,000 < 0,005. Intensitas menonton berdasarkan jenis kelamin katagori tinggi adalah laki-laki 13,8%, perempuan 22,6%, katagori rendah laki-laki 13,8%, sedangkan sikap perempuan 19,4%. Sikap Sangat Setuju (SS) 21,84% untuk laki-laki sedangkan perempuan 24,19%, katagori Setuju (S) 55,2% untuk laki-laki dan 61,69% untuk perempuan, Tidak Setuju (TS) 6,03% dan perempuan 3,76% dan Sangat Tidak Setuju (STS) 1,29% untuk laki-laki, 0,13% untuk perempuan. Tidak ada perbedaan signifikan antara intensitas dan sikap menonton mahasiswa/i dan perempuan, hal ini ditunjukkan dari hasil crosstabb dengan hasil intensitas laki-laki dan perempuan 0,194 > 0,05 dan sikap mahasiswa/i laki-laki dan perempuan 0,555 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alimatul Qibtiyah, M.Si, Ph.D.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Mar 2014 08:14
Last Modified: 16 Oct 2015 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum