PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN LIFE SKILL PRESENTER TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS DIRI PENYIAR RADIO KOMUNITAS (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN)

NIKEN SARI AGUSTIN, NIM. 09210048 (2013) PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN LIFE SKILL PRESENTER TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS DIRI PENYIAR RADIO KOMUNITAS (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN LIFE SKILL PRESENTER TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS DIRI PENYIAR RADIO KOMUNITAS (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN LIFE SKILL PRESENTER TERHADAP PERSEPSI ATAS KUALITAS DIRI PENYIAR RADIO KOMUNITAS (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media massa yang memiliki karakteristik cepat dalam menyampaikan pesan.Penyiar adalah ujung tombak, front liner, penentu keberhasilan sebuah program acara radio. Salah satu program pembelajaran yang diadakan di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan adalah life skill presenter. Life skill atau kecakapan hidup sebagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat beradaptasi dan berperilaku positif, dalam kehidupan secara lebih efektif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, populasi dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, teknik wawancara, validitas dan reabilitas. Setelah itu dilakukan proses analisis data yang terdiri dari pengolahan data, dan teknik analisis data.Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah peserta life skill di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan yang diambil dengan menggunakan metode probability sampling dengan pendekatan total sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini dibulatkan menjadi sebesar 45 responden. Alat analisis menggunakan analisis deskriptif dan Chi-Square. Dari analisis diketahui terdapat 31 orang atau (68,9%) responden mengikuti pembelajaran life skill presenter dalam kategori tinggi, 29 orang atau (64,4%) responden memiliki kualitas penyiar dalam kategori tinggi. Taraf signifikan dalam penelitian ini 5% atau 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai chi-square hitung = 50,473 dan sig=0,049. Maka sig (=0,049) <α (0,05)atau chi-square hitung 50,473 > chi-square tabel dengan df=1 dan taraf signifikan 5% = 3,84. Hal ini menunjukkan bahwa variabel pembelajaran life skill presenter mempunyai pengaruh terhadap kualitas penyiar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Maka dapat diartikan, jika pembelajaran life skill presenter meningkat, maka kualitas penyiar radio komunitas di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan akan mengalami peningkatan. Kata kunci :LifeSkillPresenter, KualitasPenyiar radio

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. ABDUL ROZAK,M.Pd
Uncontrolled Keywords: LifeSkillPresenter, KualitasPenyiar radio
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Mar 2014 09:46
Last Modified: 16 Oct 2015 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum