PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP HUBUNGAN ANTARA RELEVANSI INFORMASI AKUNTANSI DAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH

SITI FAIDATUZ ZUMZUMI , NIM. 08390093 (2012) PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP HUBUNGAN ANTARA RELEVANSI INFORMASI AKUNTANSI DAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan salah satu informasi yang diharapkan mampu memberi bantuan kepada pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi yang bersifat finansial. Salah satu kriteria utama agar informasi akuntansi berguna dalam pengambilan keputusan adalah relevansi. Informasi akuntansi dikatakan relevan apabila informasi tersebut secara statistik berhubungan dengan harga saham dan dapat menjelaskan nilai perusahaan. Masalah akan terjadi ketika relevansi informasi akuntansi sebagai alat pengukur kinerja perusahaan dihadapkan dengan praktik manipulasi yang dilakukan oleh manajer (manajemen laba). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi laba, nilai buku dan arus kas dalam konteks perusahaan manufaktur yang masuk dalam Daftar Efek Syariah tahun 2007-2010. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang masuk dalam Daftar Efek Syariah tahun 2007-2010 secara konsisten. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang disusun secara pooling. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah laba bersih, nilai buku dan arus kas. Sementara itu, harga saham pada saat penutupan (closing price) merupakan variabel dependen dan manajemen laba merupakan variabel moderating yang dihitung menggunakan modified Jones model. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan auditan dan harga saham. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, informasi akuntansi yaitu laba, nilai buku, dan arus kas terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. Hal ini membuktikan bahwa laba, nilai buku, dan arus kas memiliki nilai relevansi informasi terhadap harga saham. Sedangkan pengaruh manajemen laba terhadap hubungan relevansi informasi akuntansi dan harga saham memberikan hasil bahwa, manajemen laba terbukti mengakibatkan penurunan relevansi nilai laba tetapi tidak memiliki dampak terhadap nilai buku ekuitas dan arus kas, ketika perusahaan melakukan manajemen laba melalui discretionary accruals.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, S.E., M.Si., Akt.
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Manajemen Laba, Laba, Nilai Buku, Arus Kas, Harga Saham
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:53
Last Modified: 27 Sep 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum